UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 106830 BERINGIN MELALUI STORY TELLING

Main Article Content

Habib Rahmansyah Gabby Maureen Pricilia

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen dengan disain pretest-posttest melalui metode story telling dalam pembelajaran bahasa Inggris terhadap siswa sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106830. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis cerita seperti apa yang sesuai untuk siswa sekolah dasar dan bagaimana mengimplementasikan serta apa kendala dan solusi yang perlu diambil. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan hasil observasi kelas sebagai hasil selama tindakan, interview kepada guru dan siswa juga dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat untuk melengkapi data dari observasi kelas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas story telling mencapai nilai lebih baik, siswa menyatakan bahwa dengan metode bercerita, mereka merasa termotivasi belajar bahasa Inggris, senang dengan aktivitas kelas, suasana kelas yang kondusif, dan proses pembelajaran menyenangkan.Berdasarkan masalah yang telah diidentifikasi dan dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di dalam rumusan masalah, yaitu untuk mengetahui model cerita yang sesuai untuk siswa SD, mengetahui cara untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis cerita kepada siswa SD dan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang tepat untuk perbaikan

Article Details

How to Cite
[1]
H. Rahmansyah and G. Pricilia, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN 106830 BERINGIN MELALUI STORY TELLING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 114, Nov. 2018.
Section
Artikel