TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK MELALUI INSTAGRAM: STUDI KASUS KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR, KECAMATAN SUKOLILO, KOTA SURABAYA

Main Article Content

Sahril Sahril Anggar Putra

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan media sosial Instagram sebagai instrumen untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Fokus utama penelitian tertuju pada penggunaan akun resmi Instagram @kel_mesem sebagai media diseminasi informasi layanan, sarana interaksi antara pemerintah kelurahan dan masyarakat, serta platform dokumentasi aktivitas pemerintahan secara terbuka. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berperan signifikan dalam mempercepat akses informasi publik, meningkatkan partisipasi warga, dan memperkuat akuntabilitas pemerintahan kelurahan. Meskipun demikian, efektivitas pemanfaatan media sosial ini masih menghadapi berbagai kendala, seperti rendahnya literasi digital di kalangan masyarakat, terutama lansia, serta belum tersedianya prosedur standar terkait perlindungan data. Faktor pendukung utama keberhasilan strategi ini meliputi kesiapan sumber daya manusia, pelatihan teknis dari pemerintah kecamatan, dan kepemimpinan lokal yang progresif. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi digital secara menyeluruh dan pembentukan tim pengelola media sosial yang profesional sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram sebagai instrumen pelayanan publik yang transparan dan partisipatif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sahril and A. Putra, “TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK MELALUI INSTAGRAM: STUDI KASUS KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR, KECAMATAN SUKOLILO, KOTA SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 225-232, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Alessandro, M., Lagomarsino, B. C., Scartascini, C., Streb, J., & Torrealday, J. (2021). Transparency and Trust in Government. Evidence from a Survey Experiment. World Development, 138, 105223. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105223
Arya, A., Wijaya, M., & Basir, M. A. (2022). Transparansi Pelayanan Publik dalam Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Labalawa Kecamatan Betoambari Kota Baubau. Journal of Government Science Studies, 1(2), 50–56. https://doi.org/10.53730
Firman, F., Sumatono, S., Muluk, M. K., & Setyowati, E. (2024). Enhancing Citizen Participation: The Key To Public Service Transparency. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), 29–37. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2937
Fransisca, V., & Ningsih, W. (2023). The Advancement of Technology and its Impact on Social Life in Indonesia. Devotion Journal of Community Service, 4(3), 860–864. https://doi.org/10.36418/devotion.v4i3.445
Gebremariam, H. T., Dea, P., & Gonta, M. (2023). Digital socialization: Insights into interpersonal communication motives for socialization in social networks among undergraduate students. Heliyon, 10(20), e39507. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39507
Hamzah, M., Surahman, F., Abdurahman, Imam, A., Saputri, E., & Basyarahil, A. (2024). Transparansi Anggaran Publik Sebagai Kunci Peningkatan Kepercayaan Mayarakat terhadap Pemerintah Daerah. Journal Of Islamic Economic Business, 5(3), 199–221.
Hendra, & Fahlevi, A. H. (2024). Implementation of Good Corporate Governance ( GCG ) Principles in. IAPA International Conference 2024 Towards World Class Bureaucracy, 187–405. https://doi.org/10.30589/proceedings.2024.1052
Judijanto, L., Mulyapradana, A., & Hidayati, U. (2024). Analysis of the Effect of Public Administration Transparency on Public Trust in Indonesia. Sciences Du Nord Humanities and Social Sciences, 1(2), 69–76. https://doi.org/10.58812/e2d9ey90
Kraus, S., Durst, S., Ferreira, J. J., Veiga, P., Kailer, N., & Weinmann, A. (2022). Digital transformation in business and management research: An overview of the current status quo. International Journal of Information Management, 63, 102466. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102466
Link, A. (2025). Laporan Statistik Pengguna Media Sosial Di Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.
Napoleoncat. (2025). Instagram User Statistics In Indonesia. https://napoleoncat.com
Paljug, K. (2025). Social Media: Definition, Importance, Top Websites, and Apps. https://www.investopedia.com/terms/s/social-media.asp
Rahman, W. N. A., Mutum, D. S., & Ghazali, E. (2022). Consumer Engagement With Visual Content on Instagram: Impact of Different Features of Posts by Prominent Brands. International Journal of E-Services and Mobile Applications, 14(1), 1–21. https://doi.org/10.4018/IJESMA.295960
Ricky, & Rahimallah, M. tanzil A. (2022). Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia Perspektif Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 12(2), 62–75.
Rohayati, Y., & Abdillah. (2024). Digital Transformation for Era Society 5.0 and Resilience: Urgent Issues from Indonesia. Societies, 14(12), 266. https://doi.org/10.3390/soc14120266
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v%vi%i.4428
Setiawan, F. X. R. (2023). Peran Media Sosial Sebagai Ruang Publik: Tinjauan Filosofis Gagasan Ruang Publik Jurgen Habermas. Melintas, 39(3), 323–350.
Stamati, T., Papadopoulos, T., & Anagnostopoulos, D. (2014). Social media for openness and accountability in the public sector: Cases in the Greek context. Government Information Quarterly, 32(1). https://doi.org/10.1016/j.giq.2014.11.004
Suhardi, U. U., Pribadi, U., & Losi, Z. (2023). The Effects of Good Governance Principles : Accountability, Transparency, and Participation on Public Trust in Village Funds Management. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 1050–1060. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.5764
Tegegn, D. A. (2024). The role of science and technology in reconstructing human social history: effect of technology change on society. Cogent Social Sciences, 10(1), 2356916. https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2356916
Ting, H., Ming, W. wong poh, Run, E. C. De, & Choo, S. L. Y. (2015). Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Study. International Journal of Business Innovation and Research, 2(2), 15–31.