ANALISIS FRAMING PADA E-PAPER PIKIRAN RAKYAT DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS PROSEDUR DI SMP

Main Article Content

Dinar Sukmawati Sukmawati Suntoko Suntoko M. Januar Ibnu Adham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis framing pada e-paper Pikiran Rakyat dan bagaimana hasil analisis tersebut dimanfaatkan sebagai modul ajar teks prosedur di SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan media massa digital sebagai sumber pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari sembilan artikel dalam rubrik “Wisata Rasa” e-paper Pikiran Rakyat edisi November–Desember 2024. Teknik analisis data menggunakan model framing dari Pan & Kosicki yang meliputi struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-paper Pikiran Rakyat membingkai teks prosedur dengan gaya bahasa persuasif, urutan informasi yang sistematis, serta pilihan diksi yang menarik dan kontekstual. Pembingkaian ini relevan untuk digunakan sebagai bahan ajar yang membantu siswa memahami struktur dan karakteristik teks prosedur secara lebih aplikatif dan menarik. Modul ajar yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis tersebut mampu meningkatkan kemampuan literasi media dan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik sesuai dengan capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sukmawati, S. Suntoko, and M. J. Ibnu Adham, “ANALISIS FRAMING PADA E-PAPER PIKIRAN RAKYAT DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS PROSEDUR DI SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 150-155, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Akbar, S. (2021). Media Komunikasi Dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 73–82.
Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50–59. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.457
Asmariadi, A. I., Aprimadedi, A., & ... (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Prosedur pada Siswa Kelas V SDN 07 Sitiung. Journal Of Social Science, 4(4), 4895–4908. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/13093%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/13093/9090
Ayomi, H. V. (2021). Analisis Framing Media Online Mengenai Pemberitaan Deklarasi Beny Wenda. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 03(03), 118–125. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/732%0Ahttps://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/download/732/555
Cahyani, R. I., Syafroni, R. N., & Suprihatin, D. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Minyakita Di Media Daring Serta Rekomendasinya Sebagai Handout Materi Teks Berita Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 718–728.
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1–7.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziati, C. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Media Daring Tentang Citra Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 (Kompas.Com Dan Detik.Com) Framing Analysis: the Image of Indonesian Government in the Handling of Covid-19 Pandemic in Online News Media (Kompa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 24(2), 207–222. https://doi.org/10.20422/jpk.v24i2.739
Hayati, R., Ersani, E., Darwiyanti, A., Akbar, S., Hadikusumo, R. A., Hamda, E. F., Simanungkalit, L. N., Missouri, R., Winarsih, S., Priyanti, N. Y., Syarifah, T., Suyitno, M., Hatiningsih, N., Wardoyo, T. H., Ariantara, R. G., Nurdini, Isminarti, Talindong, A., & Azizah, H. N. (2025). Pengembangan Bahan Ajar (Issue February). PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Hutasoit, F., & Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2. Jurnal Syntax Fusion, 2(03), 1–23.
Irsyad, A. M., & Anggraini, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 114–121. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1508
Kurniasih, S. R., Nugraha, M. S., & Muslih, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif berbasis Edpuzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2 SE-Articles), 245–264. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).14513
Lestari, P. S., Setiawan, H., & Sugiarti, D. H. (2023). Komparasi Framing Berita Tawuran Antarpelajar Pada Mediaindonenesia.Com dan Kompas.ComSerta Rekomendasinya Sebagai Bahan Ajar Digital Berbasis Andromo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8929–8939.
Marsolino, R. (2022). Aplikasi Kerja Sama Media Online Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Prabumulih Berbasis Web. Palcomtec.
Midani, A., & Setiawan, H. (2022). Analisis Framing Berita Pilpres 2024 Sebagai Materi Ajar Menulis Teks Berita Di Smp. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 85–92. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2146
Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2022). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia Dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359
Nadzirin, M., & Nur, A. (2024). Kebebasan Pers , Tanggung Jawab dan Etika Jurnalistik dalam Lingkungan Media Online yang Kompetitif. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 6(2), 301–314.
Naufal, H. A., & Wahyudi, A. B. (2024). Analisis Framing Berita Online Endemi Covid-19 Di Kompas.Com Edisi Juni 2023 Sebagai Bentuk Implementasi Bahan Ajar Teks Berita Di Smp. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 1–23.
Rafli, N. A., Pratiwi, W. D., & Syafroni, R. N. (2022). Analisis Framing Berita Roots Day Sebagai Bahan Ajar Teks Berita Smp. Jurnal Education and Development, 11(1), 160–167. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4305
Rapi, M., Basri, M. B., Ilham, M., & Gaffar, M. S. (2024). Pengembangan Kompetensi Siswa dalam Menulis Berita. MALLOMO: Journal of Community Service, 5(1), 425–431.
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Simatupang, R. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Kompas.Com Tentang Covid-19 Di Dki Jakarta. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 39–52. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1315
Siregar, A. K., & Qurniawati, E. F. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Buzzer di tempo.co. Journal of New Media and Communication, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.1
Sudarjat, M. F. F., Muhaemin, E., & Khoiruddin. (2022). Kebijakan Penggunaan Bahasa Jurnalistik Populis Pada Media Pikiran Rakyat dan Pikiran-Rakyat.Com. ANNABA: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 7(3), 357–375.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Suhardi, S., Walim, W., Priyandaru, H., Prabowo, W., & Priatmojo, H. (2021). The Implementasi Information Retrieval System Untuk Klasifikasi Berita Offline Di Indonesia Menggunakan Metode Extended Boolean. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 124. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.951
Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JurnalCakrawalaPendas Vol., 7(1), 90–98.
Yuliawati, Kurniawati, N. K., Yusanto, Y., & Srilestari, E. E. (2024). Rutinitas Kerja Jurnalis Media Online dalam Pikiran Rakyat Media Network. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 6(3), 1–12. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i3.5192
Yunitasari, D. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Bermuatan Living Values Education Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP. In UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.