ANALISIS UNSUR INTRINSIK PADA CERPEN PILIHAN KOMPAS 2022: IHHWAL NAMA MAJID PUCUK KARYA T. AGUS KHAIDIR SEBAGAI PENGEMBANGAN MODUL AJAR DI SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kumpulan cerpen kompas yang diterbitkan pada tahun 2022. Kumpulan cerpen kompas edisi 2022 menarik untuk diteliti dan dibatasi pada segi unsur intrinsik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aspek intrinsik dalam kumpulan cerpen kompas edisi 2022 “Ihwal Nama Majid Pucuk” karya T. Agus Khaidir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik dalam cerpen pilihan Kompas 2022 berjudul “Ihwal Nama Majid Pucuk” karya T. Agus Khaidir dan mengevaluasi potensinya sebagai materi pengembangan modul ajar sastra di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap unsur intrinsik, meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat dengan melihat dari kutipan-kutipan yang ada pada cerpen pilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen ini memiliki kekayaan unsur intrinsik yang kuat dan relevan dengan konteks pembelajaran sastra di SMK. Tema identitas dan pencarian jati diri dikemas dengan gaya bahasa khas, serta penyajian konflik yang dapat merangsang kemampuan berpikir kritis pembaca. Berdasarkan hasil analisis tersebut, cerpen ini layak dijadikan bahan ajar dalam pengembangan modul pembelajaran sastra yang menekankan pada pemahaman nilai-nilai kehidupan, penguatan literasi, serta keterampilan analisis teks sastra.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amaliyah, N. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
Damono, S. D. 2010. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.
Heryadi. 2014. Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemdikbud. 2017. Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khaidir, T. A. 2022. Ihwal nama Majid Pucuk. Dalam T. A. Khaidir (Ed.), Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Khaidir, T. A, dkk. 2022. Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Lubay, Y. 2022. Kabar gembira. Dalam T. A. Khaidir (Ed.), Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Luxemburg, J. van, Bal, M., & Weststeijn, W. G. 2001. Pengantar Ilmu Sastra (Terj. Dick Hartoko). Jakarta: Gramedia.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudjiman, P. 2002. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supartika. 2022. Rumah yang selalu berbau busuk. Dalam T. A. Khaidir (Ed.), Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022 (hlm. 10–13). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Tarigan, H. G. 2007. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Teeuw, A. 2017. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Turama, R. 2022. Binar yang memudar dari matanya. Dalam T. A. Khaidir (Ed.), Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022 (hlm. 25–29). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Verin, A. 20222. Pilihan Bapak. Dalam T. A. Khaidir (Ed.), Ihwal Nama Majid Pucuk: Cerpen Pilihan Kompas 2022 (hlm. 30–34). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.