PENGARUH PELATIHAN, EMPLOYABILITY SKILLS DAN MOTIVASI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI BBPVP SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Pelatihan, employability skills dan motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesiapan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh pelatihan, employability skills dan motivasi terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan di BBPVP Semarang. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprability sampling teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 100 responden dan data yang berhasil dikumpulkan berjumlah 112 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data inferensial yaitu uji regresi linear berganda. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan, employability skills dan motivasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja peserta pelatihan di BBPVP Semarang yaitu sebesar 69,1%. Penelitian ini memberikan referensi mengenai faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja untuk penelitian yang akan datang dan diharapkan dapat mengoptimalkan kualitas pelatihan melalui evaluasi yang berkesinambungan terhadap metode pelatihan, materi pelatihan, dan keterlibatan industri, serta mengintegrasikan program penguatan employability skills secara sistematis dalam proses pelatihan serta perlu penyusunan kebijakan yang mendukung pelatihan vokasi berbasis kompetensi secara lebih luas dan merata.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anto, A. B., Rohman, N., & Towip. (2024). Hubungan Employability Skills dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK N 1 Sawit. NOZEL: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(3), 148–162. https://doi.org/10.20961/nozel.v6i3.89048
Anwar, R., Marliani, S., & Hadi, R. (2024). Dilema Pengangguran di Era Digital : “ A Recent True Story from Indonesian Jobseekers .” Journal Management & Economics Review (JUMPER), 1(7), 293–300. https://doi.org/https://doi.org/10.59971/jumper.v1i7.250
Averoes, P. M., & Purwaningsih, N. (2025). Strategi Bidang Instruktur dan Tenaga Pelatihan (Intala) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Instruktor TIK di BBPVP Serang. YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 5(3), 2353–2370. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/yasin.v5i3.5715
Azky, S., & Mulyana, O. P. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Mahasiswa: Literature Review. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 3178–3192. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10762
Badan Pusat Statistik. (2025). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023. In Badan Pusat Statistik (Issue 35). https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/05/05/2001/februari-2023--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-94-juta-rupiah-per-bulan.html
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications, Inc (Sixth Edit). https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Deswarta, Mardianty, D., & Bowo. (2023). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Dimasa Endemi Covid 19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 364–372. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1347
Fajaryati, N., Budiyono, B., Akhyar, M., & Wiranto, W. (2020). The employability skills needed to face the demands of work in the future: Systematic literature reviews. Open Engineering, 10(1), 595–603. https://doi.org/10.1515/eng-2020-0072
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanjowo, M. D. F. F., Athahirah, N., Saputra, R. F., Al-Farisi, S., & Rozaq, R. W. A. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(5), 423–428. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i5.190
Harjono, H., Farhanah, A. A., Susilaningsih, E., & Sumarti, S. S. (2024). Exploring Work Readiness Key Factors Among Industrial Chemistry Students in Vocational High Schools. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(1), 35. https://doi.org/10.33394/jk.v10i1.10564
Hasani, R., & Alam, I. A. (2025). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Soft Skills Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Bandar Lampung. ECo-Buss: Economics and Business, 7(3), 1774–1785. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2047
International Monetary Fund. (2025). World Outlook Economic A Critical Juncture amid Policy Shifts (Issue April).
Irawan, R., & Hendri, H. (2022). Analisis Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 59–63. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i1.166
Islam, M. A. (2022). Industry 4.0: Skill set for employability. Social Sciences and Humanities Open, 6(1), 100280. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100280
Jalal, N. M., Syam, R., Jafar, E. S., & Irdianti. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Peluang Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9138–9145. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3855
Januariyansah, S., Budhi Anggoro, A., Iskandar, H., Putra, R., Gunawan, S., & Siregar, B. (2022). Meta Analisis Pengaruh employability Skills Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 22(2), 33.
Junipitoyo, B., Susila, I. W., & Sutiadiningsih, A. (2021). Literature Study On The Effect Of On The Job Training On Work Readiness. International Journal of Science, Technology & Management, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i1.150
KEMNAKER. (2024). Lowongan Kerja yang Terdaftar di Karirhub Tahun 2023- Satudata Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia: Portal Data Ketenagakerjaan RI.
KEMNAKER. (2025). Tenaga Kerja ter-PHK, Februari Tahun 2025. https://satudata.kemnaker.go.id/data/kumpulan-data/2671
Khotimah, I., & Wiyono, D. (2022). Pengaruh Employability Skill Terhadap Kesiapan Kerja Siswa LPP Ariyanti. Indonesian Journal of Office Administration, 4(1), 124–133. https://doi.org/https://adminof.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/53
Khusna, H., & Wulandari, R. N. A. (2024). Pengaruh Work Integrated Learning ( WIL ) dan Employability skill terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 164–177. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jimea
Mardyasari, L. H., & Indarto. (2017). Model Penguatan Kesiapan Kerja Lulusan (Studi PAdaa BBPLK Semarang). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v10i1.707
Maulidiyah, R., & Ubaidillah, H. (2024). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Pada Kesiapan Kerja Mahasiswa Sebagai Generasi Z Dalam Menghadapi Era Digital. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 4875–4889. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.7993
Mitra, T., & Attiq, K. (2024). Building College Student Work Readiness Reviewed From Training, Social Support And Self-Efficacy. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4648–4665. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i2
Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138
Nurmarliana, F., & Abdullah, M. N. A. (2024). Keterampilan 4C Sebagai Strategi Pengembangan Kompetensi Critical Thinking Gen Z Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i1.3299
Pahrijal, R., Priyana, Y., & Sukini. (2023). Keterampilan Penting dalam Abad ke-21: Pendidikan dan Kesuksesan Profesional. Jurnal Pendidikan West Science, 01(09), 583–589. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i09.679
Pratiwi, L. D., & Rini, H. P. (2023). The Influence of Self Efficacy, Competence, and Training on Work Readiness (Study on MSIB Management Study Program UPN “Veteran” East Java Students). International Journal of Economics (IJEC), 2(2), 2961–712. https://doi.org/10.55299/ijec.v2i2.535
Puspitasari, S., & Fadhli, K. (2024). Pengaruh Self-Efficacy Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Work Readiness Pada Mahasiswa Universitas Kh. Abdul Wahab Hasbullah. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 9(1), 119–129. https://doi.org/10.29407/jae.v9i1.22232
Puteri, D. V. (2024). Employability Skill dan Grit Terhadap Kesiapan Kerja yang Dimoderasi Informasi Dunia Kerja. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 3(1), 177–192. https://doi.org/10.21776/jki.2024.03.1.15
Putri, R. A., & Suhartini, C. (2021). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Smk Negeri 5 Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 179–187. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4395
Reedy, A. K., Lucía, M., Farías, G., Reyes, L. H., & Pradilla, D. (2020). Improving employability skills through non-placement work-integrated learning in chemical and food engineering: A case study. Education for Chemical Engineers, 33, 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.09.002
Sabilah, J., Riyanti, S. N., & Saputra, N. (2021). Kesiapan Kerja Generasi Milenial di DKI Jakarta Raya: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Digital. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 225–242. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.379
Safavi, K., & O’Neal, M. (2023). The Future of Work: A Human and Machine Mindset. Nurse Leader, 21(4), 473–477. https://doi.org/10.1016/j.mnl.2023.02.011
Sihombing, R. J. (2025). Pengaruh Pelatihan Dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja ( Studi Kasus Pada Peserta Pelatihan Kejuruan Pariwisata Di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan ). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jimbi.v6i1.5731
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Penerbit Alfabeta, Bandung.
Suminar, T., Wardani, S., Yusuf, A., Siswanto, Y., & Islahuddin, I. (2024). Determinant Model of Graduate Competence Partnership- based Life Skills Training in the Industry 4 . 0 Era. Journal of Nonformal Education, 10(1), 195–209. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jone.v10i1.1658
Sutarto, J., Edi Mulyo, S., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2019). The Impact of E-Training Model on the Improvement of Professional Competence of PAUD-DIKMAS Educators. KnE Social Sciences, 3(18), 290–300. https://doi.org/10.18502/kss.v3i18.4722
Tahar, A., Setiadi, P. B., Rahayu, S., Stie, M. M., & Surabaya, M. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12381. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4428
Theerasak, S.-N., & Khampirat, B. (2019). Comparing employability skills of technical and vocational education students of Thailand and malaysia: A case study of international industrial work-integrated learning. Journal of Technical Education and Training, 11(3), 94–109. https://doi.org/10.30880/jtet.2019.11.03.012
Wandasari, P. (2019). Hubungan Efektivitas Pelatihan Dengan Kesiapan Kerja Pada Calon Tenaga Kerja yang Telah Mengikuti Pelatihan Pemagangan. PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 311–318. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4786
Wibowo, R. E., & Santoso, J. T. B. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Smk. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448
Wynne, K., Mwangi, F., Abimbola, O., Jones, F., Burrows, J., Bembridge, E., Stubbs, M., & Sunner, C. (2024). Readiness for professional practice among health professions education graduates : a systematic review. Front. Med., 11: 1472834. https://doi.org/10.3389/fmed.2024.1472834
Yolanda, S., Ayub, D., & Fitrilinda, D. (2023). Pengaruh Employability Skills Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Angkatan 2020 FKIP UNRI. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 1(2), 301–307. https://doi.org/10.57235/motekar.v1i2.1126
Yonanda, A. P., & Usman, H. (2023). Determinan Status Horizontal Mismatch pada Pekerja Lulusan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(2), 142–157. https://doi.org/10.47198/jnaker.v18i2.239
Zahmelinda, S., & Armiati, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1495–1506. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6008