ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MARSIADAPARI (MPM-24) TERHADAP PEMBELAJARAN TOEFL PREPARATION
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan penerapan model pembelajaran (Marsiadapari (MPM-24) dalam konteks pembelajaran TOEFL Preparation. Marsiadapari (MPM-24), sebagai model berbasis kearifan lokal Batak Toba, menekankan nilai-nilai dialog, kekeluargaan, dan partisipasi aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 20 mahasiswa IPTS dan satu dosen TOEFL Preparation sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi dan penyajian data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model (Marsiadapari (MPM_24) memiliki kelebihan dalam membangun keterlibatan aktif, kenyamanan belajar, dan kesesuaian budaya yang meningkatkan motivasi mahasiswa. Namun, ditemukan kekurangan pada aspek teknis pembelajaran TOEFL, khususnya kurangnya latihan soal yang terstruktur dan berbasis standar. Mahasiswa menyarankan integrasi (Marsiadapari (MPM-24) dengan pendekatan drilling untuk hasil yang lebih optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model (Marsiadapari (MPM-24) (MPM-24) efektif dalam penguatan aspek afektif dan sosial pembelajaran bahasa, namun perlu adaptasi strategi agar dapat memenuhi tuntutan akademik TOEFL Preparation secara menyeluruh.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hidayat, R., & Purba, D. (2024). Local Wisdom-Based Learning Models in Global Education Contexts. Journal of Educational Pedagogy, 18(1), 45–58.
Hutabarat, M. (2024). Implementasi Model (Marsiadapari (MPM-24) dalam Pembelajaran Bahasa dan Nilai Budaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Nusantara, 5(2), 78–85.
Manik, S. (2023). Cultural Barriers in Implementing Local Wisdom-Based Models in Multicultural Classrooms. International Journal of Language and Society, 6(3), 101–110.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, R. A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif dalam TOEFL Preparation Class. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 9(1), 33–42.
Rahmawati, L. (2023). Problematika Pembelajaran TOEFL di Perguruan Tinggi Indonesia. Linguistik dan Pembelajaran Bahasa, 11(2), 92–101.
Simanjuntak, B., & Manurung, T. (2022). (Marsiadapari (MPM-24) Model: Local Wisdom for Democratic Learning. Indonesian Journal of Character Education, 4(2), 56–65.
Siregar, H. (2024). Local Wisdom Integration in ESL Classrooms: Opportunities and Challenges. Language and Cultural Studies Journal, 7(1), 88–97.
Sitompul, E., & Sihombing, F. (2023). Pengaruh Model (Marsiadapari (MPM-24) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 70–81.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Tambunan, J., Pardede, M., & Silalahi, A. (2021). Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukasi Nusantara, 6(4), 110–118.