HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV

Main Article Content

Eni Nuraeni Mawardi Mawardi Rahmawati Eka Saputri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perhatian orang tua dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Poris Plawad 4, Kota Tangerang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian terdiri dari 57 siswa, yang dibagi menjadi 29 siswa kelas 4 A dan 28 siswa kelas 4 B. Hasil analisis menunjukkan nilai Rhitung untuk nilai harian (0,909), PTS (0,814), dan PAS (0,925), yang semuanya menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara perhatian orang tua dan prestasi belajar, karena Rhitung > Rtabel. Uji t menghasilkan nilai t sebesar 21,673 dengan skor signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa hubungan ini signifikan secara statistik. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah: Prestasi Belajar = 72,748 + (0,087 × Perhatian Orang Tua). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,315 mengindikasikan bahwa perhatian orang tua hanya mampu menjelaskan 9,92% variasi prestasi belajar siswa. Hasil ini menekankan pentingnya perhatian orang tua dalam mendukung prestasi akademik, meskipun faktor lain juga berperan penting dalam proses belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Nuraeni, M. Mawardi, and R. E. Saputri, “HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 386-390, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. uwais inspirasi indonesia.
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Akbari, U., F., Khasna., F., T., Meilani., D., & Seran., Y., B. (2022) Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aslihah, N. (2023) Peran Orang Tua dan Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Lombok : Penerbit P4I.
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode penelitian kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Gielan, M. (2019). The Family Table: A Guide to Raising Strong and Healthy Families. Hachette Books.
Ihsan, A., F. (2023). Metamatika: Menggali Makna Matematika. Bandung: Indonesia Emas Group.
Isrok'atun & Rosmala, A. (2021) Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara.
Jaya, I., M., L., M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia.
Kuntjojo (2022) PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1. GUEPEDIA.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., & ... (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight ….
Nisa, I., H. (2024) Quo Vadis Interaksi Orang Tua dan Penilaian Kompetensi Guru Perspektif Pendidikan Islam dan Sosiologi. Indramayu : Penerbit Adab.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Restina, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. Malang: UMMPress.
Sintiya, S. (2020). Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Penyandang Disabilitas Pada Masa Covid-19. GUEPEDIA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suryana, D. (2024) Matematika: Matematika Jilid 1.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435–448..
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Yayuk,E.(2019) PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Malang : UMMPress.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Yeti E.Y.S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas VI Sekolah Dasar. CV Budi Utama.
Zubairi (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Indramayu : Penerbit Adab.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89.
Fadhilla, N. A., & Dafit, F. (2022). Perhatian Orangtua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Journal on Teacher
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam.
Kelly, O., Bhabha, J., & Krishna, A. (2015). Champions: The realities of realizing the right to education in India. Human Rights Quarterly.
Kraiger, K. (1993). Application of cognitive, skill-based, and affective theories of learning outcomes to new methods of training evaluation. . Journal of Applied Psychology , 78 (2), 311-328.
Lestari, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Siswa. Satya Widya.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., & ... (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Nuraeni, R. S., & Hasanudin, N. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan
Prakosa. (1991). Pengertian Hasil Belajar. . Http:// Zaifbio.Wordpress.Com/2011/12/28/Definisi, Pengertian Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar/. Diakses Pada Tanggal 25 Desember 2024.
Putri, I., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. jurnal.ustjogja.ac.id.
Rahmawati, A. D., Fakhriyah, F., & ... (2021). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambaharjo 02. Syntax Literate; Jurnal
Rini, E. S. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS.
Sari, W., Hamdani, H., & Kresnadi, H. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan
Tulak, H., & Salo, E. S. (2018). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan ….
Vania, D. T., Marnisah, L., & ... (2021). Pengaruh Work from Home terhadap Kinerja Guru SD Negeri 27 Palembang pada Masa Pandemi Covid-19. … Pemasaran &SDM.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Wulandari, A. W. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19
SISWA KELAS III SDN CILEUNGSI 02. repository.unida.ac.id.
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa dalam belajar (student engagement) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu.