MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMPK SWADAYA TUAKEPA

Main Article Content

Angelina Horek Makin Yoakim Yolanda Mario Leu Vinsensius Crispinus Lemba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMPK Swadaya Tuakepa melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui observasi dan tes berbicara secara individu, dinilai berdasarkan delapan asek keterampilan berbicara, yaitu  pengucapan atau lafal, intonasi, diksi, sikap tenang dan wajar, gerak-gerik dan mimik, volume suara, kelancaran, dan penguasaan topik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai rata-rata dari 36,13 (prasiklus) menjadi 60,00 ( siklus I), dan meningkat lagi menjadi 79,69 pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media gambar efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. H. Makin, Y. Y. M. Leu, and V. C. Lemba, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMPK SWADAYA TUAKEPA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 257-260, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Modern: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Erlangga.
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250-256.
Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 334–346
Sukatmi. (2009). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Media Gambar. Tesis: Pascasarjana, Program Maret, Universitas Sebelas, 1–167
Tarigan, Hendry Guntur. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Wahyuni, S., Saputra, H. H., & Husniati, H. (2021). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 250-256.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : CV. Eka jaya, 2003