NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL “LIKURAI UNTUK SANG MEMPELAI” KARYA ROBERT FAHIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai edukatif dalam novel “Likurasi untuk Sang Mempelai”, karya Robert Fahik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan temuan dan pembahasan, maka hasil penelitian ini menunjukkan terdapat nilai edukatif dalam novel “Likurai Untuk Sang Mempelai” karya Robert Fahik, yakni, (1) nilai religius dengan aspek edukait, seperti rasa syukur, keyakinan, kesucian dan kerendahan hati dalam menjalankan kewajiban sebagai umat beragama serta berperilaku sabar dan ikhlas ketika menghadapi coban atau tantangan serta yakin akan kuatnya fondasi kehidupan dengan Tuhan, (2) nilai moral dengan aspek edukatif, seperti perbuatan baik, menghargai orang yang lebih tua, saling memfaakan, cinta kasih, tanggung jawab, kejujuran, kebaikan, dan kesabaran, (3) nilai sosial dengan aspek edukatif, seperti gotong royong, kesetiaan, solodaritas,kerja sama, dan peduli terhadap sesama, dan (4) nilai budaya dengan aspek edukatif, seperti penghargaan terhadap leluhur, adat istiadat, tradisi lisan, dan pakaian daerah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alifiah, Nurachmana, Et al. 2020. Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya. 1(1):
Baharuddin , B., Patras, Y. E., Sampaleng, D., & Hidayat, R. (2021). Analisis persepsi guru Indonesia terhadap sekolah sebagai organisasi belajar di era pandemi Covid 19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7 (2), 251-268.
Elneri, Nindy. dkk. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Uneversitas Negeri Padang.Vol. 14.No. 1.
Endraswara, Suwardi. "Metode Pengajaran Sastra." Yogyakarta: Kanisius (2002)
Evitasari. (2020). Nilai sosial. Retrieved from https://guruakuntansi.co.id/nilai-sosial/
Fajri. (2015). Pengantar Sosiologi Sastra . dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faruk. (2015). Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, Ilham. 2017. Nilai Edukatif dalam Novel Mimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamugkas. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Klobong, Maria Selvia, Imelda Oliva Wissang, P. W. L. (2024). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Perempuan Dari Lembah Mutis Karya Meza E. Pollundou. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/DOI: 10.29303/kopula.v6i2.5444 Published: 2024-10-09
Noerillahiya, F. (2021). Nilai-nilai Edukatif dalam Novel “Jadilah Purnamaku Ning” Karya Khilma Anis (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).
Nugraheni, Y. T., & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). Quality, 9(1), 39-56.
Rahayuningtyas, P. (2014). Kajian Mimesis Dalam Novel Noruwei No Mori. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 6(1).
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Setiani, F. Arifin, Z. (2020). Nilai Edukatif Tokoh Burlian dalam Novel Si Anak Special Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. 1-7
Setiani, Febri dan Zainal Arifin. 2021. Nilai Edukatif Tokoh Burlian dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya.
Sugiyono. 2020 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukitman, T. (2016). Internalisasi pendidikan nilai dalam pembelajaran (upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2, 94
Wissang, I. O. (2022). Ekspresi Nilai Moral Puisi Amsal. Qiara Media.
Wissang, I. O. (2018). PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN TOKOH KODE AGU BALAK CERITA ANAK LOKAL MASYARAKAT MANGGARAI TIMUR. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(9), 964–975. http://e-jurnalmitrapendidikan.com.
Khomisah. (2020). Ekokritik Dalam Perkembangan Kajian Sastra. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 17(1), 83–94. https://doi.org/DOI: 10.15575/al- Tsaqafa.v17i1.6032.
Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Gian, Nova. Sudrajat. (2021). Ekologi Budaya Sebagai Wawasan Pokok Dalam Pengembangan Masyarakat Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Tambora, 5(1), 27–
33.https://doi.org/Doi:10.36761/Jt.V5i1.995. Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Olamsyah, Novi. Kurniasi. (2022). Kajian Ekokritik Cerpen “Dunia Kita Semakin Gelap” Karya Salsabila Husniyyah Dalam Cerpenmu.Com 3 Februari 2016. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5).
Poyk, G. (1985). Ikan-Ikan Hias Dari Pasir Putih.
PD Lukman.
Sehandi, Y. (2012). Mengenal Sastra dan Sastrawan NTT (1st ed.). Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Sugiarti. (2017). Ekologi Budaya dalam Sastra sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik. Prosiding SENASBASA, Volume 1.
Sukmawan, Sony. (2016). Ekokritik Sastra: Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Widianti., Ande. Wina. (2017). Kajian Ekologi Sastra Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon. J u r n a l D i k s a t r a s i A., 1(2), 1–9.
Wissang, I.O, Pande, Rikardus, Deta, B. (2023). Pendampingan Menulis Cerita Fabel Berbasis Kearifan Budaya Lamaholot di SMPS Ratu Damai, Flores Timur. Jurnal Amalee Indonesian Journal of Community Research and Engagement., 4(2), 389–401.
https://doi.org/E-ISSN: 2716-0750 P-ISSN:
2715-7997 DOI: 10.37680/amalee.v4i2
Wissang, I.O. Oliva, Arsiyah. W. Tobias. N. (2021). Eksplorasi Budaya NTT Dalam Novel Gerson Poyk. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra (JIBS), 8 (1),
Zulfa, A. N. (2021). Teori Ekokritik Sastra: Kajian Terhadap Kemunculan Pendekatan Ekologi Sastra Yang Dipelopori Oleh Cheryll Glotfelty. LAKON: Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 10(1), 59–63. https://doi.org/DOI: 10.20473/lakon.v10i1.20198.