PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SDN 1 PABUARAN LOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini merupakan penjelasan yang merinci hasil yang dicapai melalui pebelitian tersebut. Sebagai hasilnya, tujuan utama dari studi ini adalah untuk menentukan dampak yang terjadi sebelum penerapan metode Storytelling terhadap hasil belajar siswa kelas lima di SDN 1 Pabuaran Lor, yang saat ini dianggap kurang optimal dan termasuk dalam penilaian rendah kurang dari nilai KKM. Selanjutnya, pendekatan pengajaran di Kelas V SDN 1 Pabuaran masih terbatas pada varian tertentu dan semakin fokus pada arahan instruktur. Dengan demikian, proses untuk menganalisis data dari percobaan melalui model desain One Group Pretest Posttest dapat diuraikan. Kesimpulan perolehan data, dapat disimpulkan bahwa, sebelum penerapan teknik Storytelling, siswa kelas V di SDN 1 Pabuaran Lor, Kabupaten Cirebon, memiliki tingkat kompetensi yang buruk. Secara keseluruhan, teknik Storytelling meningkatkan keterampilan berbicara, dengan hasil berkisar dari 36,11% hingga 58,33%, dan dari 5,56% hingga 0%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aliyah, S.(2021).Pengaruh Metode Story telling dengan Media Panggung Boneka Terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia dini (Tesis). Sekolah Pasca Sarjana.Bandung.
Asfandiyar. (2017).Cara Pintar mendongeng. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Arsyad, Maidar dan Mukti U.S. 1991. Pembina Kemampuan Berbicara Indonesia. Jakarta :Erlangga.
Ananthia, W. (2020). Story telling In An Primary School Efl Context. Thesis Teacher Perspective Bachelor Of English Education Monash University. Australia: tidak diterbitkan
Depdiknas. (2016). Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Depdikbud. (2020). Pengajaran Membaca. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Elina,Syarif. (2019).PembelajaranBerbicara.http/www.slideshare.net/NASSuprawoto /pembelajaran-berbicara .
Fitriani. (2021).Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Menceritakan Ulang (Story telling) pada Siswa Kelas V SD MinasaupaKota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hamidah Siti. (2023) .Penerapan Metode Story telling http:/Repository.upi.edu/id/eprint/1894 . Diakses 14 Februari 2018
Hassan, Shadily. (2014). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia.
HastutiP.H. Sri.Dkk. (2015).Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar Kelas VI Kota Madya Surabaya. Jakarta: Depdiknas.
Iskandar wassid. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.
Kamus besar bahasa Indonesia. (2021) Pengertian Keterampilan.Jakarta. Penerbit: Balai Pustaka
Misnawati. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Menceritakan Ulang (Story telling) Terhadap Keterampilan Berbicara Murid Kelas V SD Inpres PattalkangKec.Manuju Kab.Gowa.Skripsi tidak di tertibkan.Makassar: Unismuh Muhyammadiyah Makassar.
Mujahidin, I. A., Sunarsih, D., & Toharudin, M. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV Di SDN Sawojajar 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 182-199.
Mukhtazar.(2020).CintaPendidikan.http://mukhcintapendidikan.blogspot.co.id/2010/08/upaya- meningkatkanketerampilan.html?m=1. Akses 14 Februari 2018.
Nurgiyantoro,Burhan. (2015). Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPEE.
Ni WayanArini dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompetensi
Nurbiana,Dhieni dkk. 2015.Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
RIFAI, Arief Yanuar, WAHID, Farhan Saefudin, FITRI, Rila Melyana, et al. Pengaruh Pendekatan Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Losari Kidul 03, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Era Literasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2023, vol. 1, no 3, p. 15-30.
Saddhono,Kundaru dan Selamet St. 2022.Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.
Sadjhana, Nina. 2019.Tuntunan penyusunan Karya Ilmiah. CetXII. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sanjaya, Wina. 2019. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiono, 2015. MetodePenelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Sugiono.2016. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2023. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Syfruddin. 2016. Bahasa Indonesia Ilmiah. Makassar.
Targian, Hendry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendry Guntur. 2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Taryono. 2015. Berbicara dan Komponen-Komponenya.Bandung: Angkasa.
Triputra, Dedi Romli Et Kurniawan, Prasetyo Yuli. Implementasi Media Pembelajaran Vlog Materi Dakwah Pada Mahasiswa Berdasarkan Aspek Keterampilan Berbahasa. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2019, Vol. 1, No 01, P. 18-25.
TIARASARI, Lala, SETIYOKO, Didik Tri, et FITRI, Rila Melyana. Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Kelas Dalam Meningkatkan Minat Baca. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2024, vol. 4, no 3, p. 16387-16398.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Siswa Pendidikan Nasional. Wacana Intelektual
Yuono, A. T. V. P., Toharudin, M., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II di SDN Klampok 01. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 282-288.