PENGARUH SECURE ATTACHMENT DAN OPTIMISM TERHADAP SOCIAL PROBLEM SOLVING ABILITY YANG DI MEDIASI OLEH SELF-ESTEEM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Main Article Content

Siska Damayanti Mohamad Avicenna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secure attachment dan optimism terhadap social problem solving ability (kemampuan dalam menyelesaikan masalah sosial) pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan self-esteem sebagai variabel mediator. Kemampuan penyelesaian masalah sosial merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja yang berkaitan erat dengan keberhasilan sosial dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel terdiri atas 320 siswa SMA/SMK di Bekasi yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA), Life Orientation Test-Revised (LOT-R), Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), dan Social Problem Solving Inventory-Revised Short Form (SPSI-R:SF). Hasil analisis menunjukkan bahwa secure attachment dan optimism memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap social problem solving ability, baik secara langsung maupun melalui mediasi self-esteem. Self-esteem terbukti menjadi mediator dalam hubungan antar variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa hubungan yang secure dan sikap optimis yang dimiliki siswa berperan penting dalam membentuk rasa percaya diri serta kemampuan dalam menyelesaikan konflik sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam memahami mekanisme psikologis yang mendasari perilaku penyelesaian masalah sosial pada remaja serta implikasi praktis bagi pengembangan program intervensi psikososial di lingkungan sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Damayanti and M. Avicenna, “PENGARUH SECURE ATTACHMENT DAN OPTIMISM TERHADAP SOCIAL PROBLEM SOLVING ABILITY YANG DI MEDIASI OLEH SELF-ESTEEM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 242-247, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Bowlby, J. (1988). A Secure Base: Parent-Child Attachment and Healthy Human Development. New York: Basic Books.
Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2014). Dispositional optimism. Trends in.
D’zurilla, T. J., Nezu, A. M., & Albert, M.-O. (2004). SOCIAL PROBLEM SOLVING (E. C. Chang, T. J. D’Zurilla, & L. J. Sanna (eds.)). American Psychological Association Washington, DC.
D’Zurilla, T. J., Nezu, A. M., & Maydeu‑Olivares, A. (2002). Social Problem‑Solving Inventory–Revised (SPSI‑R): Technical manual. North Tonawanda, NY: Multi‑Health Systems, Inc.
Koruklu, N. (2015). Personality and social problem-solving: The mediating role of self-esteem. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(2), 481–487. https://doi.org/10.12738/estp.2015.2.260.
Rosenberg, M. (1965). Society and the Adolescent Self-Image. Princeton, NJ: Princeton University Press.
Saragih, P., & Herlina, L. (2023). Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Sosial Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SDN 091631 Pematang Kerasan. 06(01), 8670–8676.
Scheier, M. F., Carver, C. S., & Bridges, M. W. (1994). Distinguishing optimism from neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and self-esteem): A re-evaluation of the Life Orientation Test. Journal of Personality and Social Psychology, 67(6), 106. https://doi.org/https://doi.org/10.1037//0022-3514.67.6.1063
Suryadi, B., Hayat, B., & Putra, M. D. K. (2021). The Indonesian version of the Life Orientation Test-Revised (LOT-R): Psychometric properties based on the Rasch model. Cogent Psychology, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1869375