UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 1 ADONARA TENGAH

Main Article Content

Elisabet Diniana Danu Weran Pilipus Wai Lawet Imelda Oliva Wissang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Adonara Tengah, melalui penerapan metode pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes unjuk kerja keteramilan berbicara, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitati. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode jigsaw mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 56,73 pada siklus I menjadi 85,94 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi pada seluruh aspek penilaian keterampilan berbicara, termasuk pelafalan, intonasi, diksi, sikap tenang dan wajar, gerak dan mimik, volume suara, kelancaran, serta penguasaan topik. Dengan demikian, penerapan metode jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. D. D. Weran, P. W. Lawet, and I. O. Wissang, “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 1 ADONARA TENGAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 300-303, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode Almarâ, H., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167
Burhan Nurgiyantoro (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Hermawan, D. (2014). Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3)
Irham, et al. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bulukumba. UNM Journal of Biological Education Volume 1 Nomor 1 Hal. 87-98. Tersedia Pada: https://ojs.unm.ac.id/UJBE/article/view/5638.
Lie, A. (2014). Coomperative Learning: mempraktikan Coomerative Learning di Ruang-Ruang kelas. Grasido.
Mulyani, E. (2019). Model Pembelajaran Koomperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 123-130.
Nisak, K., Utami, M. P., Supeno, S., & Wardani, D. N. (2025). Implementation of Problem-Based Learning Model to Improve Students' Communication Skills in Science Lessons in Junior High School. Pendekar: Journal of Character Education, 8(2), 252-261.
Santyasa, I. W. (2020). Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 145-153.
Suyanto,E. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya
Yanuarizal, A. W., Supeno, S., & Rusdianto, R. (2025). Development of Moodle-based E-modules in Science Learning to Improve Students' Scientific Argumentation Skills. Warriors: Journal of Character Education, 8(1), 31-44.