STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN BRANDING UNTUK MENINGKATKAN CITRA DAN DAYA TARIK SEKOLAH

Main Article Content

Agustina Rahmi Muhammad Yuliansyah Kasyful Anwar Rachmatul Karimah Antung Latifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen branding sekolah Islam terpadu dalam meningkatkan citra dan daya tarik di era persaingan global. Penelitian dilakukan di SDIT Robbani Banjarbaru menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi kepemimpinan partisipatif yang terintegrasi dalam manajemen branding melalui penguatan komunikasi publik, pengelolaan media sosial, kolaborasi dengan guru, orang tua, dan tim branding. Implementasi branding dilakukan secara konsisten melalui digitalisasi konten, pemanfaatan keunggulan karakter Qur’ani, serta pelibatan aktif warga sekolah. Dampak dari strategi tersebut terlihat dari peningkatan signifikan jumlah pendaftar setiap tahun, meningkatnya loyalitas orang tua dan guru, serta terbentuknya citra positif SDIT Robbani di masyarakat daerah setempat dan nasional.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Rahmi, M. Yuliansyah, K. Anwar, R. Karimah, and A. Latifah, “STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN BRANDING UNTUK MENINGKATKAN CITRA DAN DAYA TARIK SEKOLAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 341-345, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Arifin, Muhammad. 2023. “Manajemen Branding Sekolah Berbasis Nilai Islam: Studi Kasus di Sekolah Islam Terpadu.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 11(2). Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Astuti, Wulan. 2020. “Strategi Branding Sekolah dan Implikasinya terhadap Loyalitas Warga Sekolah.” Jurnal Kependidikan. 7(1). Universitas Negeri Malang, Malang.
Avolio, Bruce J. dan Bass, Bernard M. 2004. Multifactor Leadership Questionnaire: Manual and Sampler Set (3rd ed.). Mind Garden Inc., Redwood City.
Fitriani, Nurul, Maulana, Andi dan Zahra, Lailatul. 2020. “Branding Sekolah Berbasis Nilai Keagamaan dan Peran Komunitas.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Hapsari, Rina. 2022. “Persepsi Masyarakat terhadap Branding Sekolah Berbasis Media Sosial dan Testimoni Orang Tua.” Jurnal Pendidikan dan Komunikasi. Vol. 8, No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Hidayat, Ahmad. 2022. “Peran Guru dan Orang Tua dalam Promosi Sekolah pada Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Komunikasi. 9(2). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Jannah, Rofiah. 2022. “Efektivitas Branding Sekolah melalui Media Digital dan Testimoni Personal dalam Meningkatkan Citra Sekolah.” EduTech: Jurnal Teknologi Pendidikan. 4(3). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson Education, London.
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Fox, Karen F.A. 1995. Strategic Marketing for Educational Institutions (2nd ed.). Prentice Hall, New Jersey.
Kurniawan, Ahmad dan Susanto, Heri. 2021. “Kepemimpinan Partisipatif dalam Penguatan Citra Sekolah.” Jurnal Kepemimpinan Pendidikan. Vol. 9, No. 1. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Leithwood, Kenneth, Harris, Alma dan Hopkins, David. 2020. Seven Strong Claims About Successful School Leadership Revisited. Educational Leadership Policy and Practice, Ontario.
Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael dan Saldaña, Johnny. 2020. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Thousand Oaks.
Mulyani, Dwi dan Fauzi, Ahmad. 2021. “Pengaruh Konten Digital Edukatif terhadap Engagement dan Kepercayaan Publik pada Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Teknologi Pendidikan Islam. Vol. 9, No. 2. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Nandan, Shiva. 2005. “An Exploration of the Brand Identity–Brand Image Linkage: A Communications Perspective.” Journal of Brand Management. Vol. 12, No. 4. Palgrave Macmillan, London.
Rahmatullah, M. 2022. “Strategi Kepala Sekolah dalam Branding Sekolah Islam Terpadu Melalui Media Digital.” Jurnal Pendidikan dan Komunikasi Islam. Vol. 7, No. 1. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Rukmana, Dedi. 2021. “Digital Branding Sekolah dan Daya Saing Lembaga Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Administrasi Pendidikan. 13(1). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Safitri, Rina, Wahyuni, Eka dan Ramadhan, Firdaus. 2022. “Branding Sekolah Berbasis Nilai: Strategi Penguatan Citra Lembaga Pendidikan di Era Digital.” Jurnal Manajemen dan Inovasi Pendidikan. Vol. 3, No. 1. Universitas Negeri Malang, Malang.
Schein, Edgar H. 2020. Organizational Culture and Leadership. John Wiley & Sons, New Jersey.
Suryana, Dedi dan Nugroho, Ahmad. 2020. “Pengaruh Branding Terpadu terhadap Peningkatan Kredibilitas Sekolah Islam Terpadu.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5, No. 2. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Yanti, Nurul. 2021. “Pengaruh Branding Sekolah terhadap Peningkatan Jumlah Pendaftar di Sekolah Dasar Swasta.” Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Yin, Robert K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications, Thousand Oaks.