PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Main Article Content

Devita Dian Shafira Wahyu Jati Kusuma Subiyanto Subiyanto

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pentingnya pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI), sebagai sumber belajar alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan AI sebagai sumber pembelajaran, kemampuan berpikir kritis mahasiswa, serta peran AI dalam membentuk kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap tujuh mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memanfaatkan AI sebagai media belajar yang cepat, fleksibel, dan mudah diakses. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa tercermin dari kemampuan mereka dalam menganalisis, mengevaluasi, serta menyimpulkan informasi dari AI. Selain itu, AI juga mendorong terbentuknya sikap belajar mandiri, reflektif, dan logis sehingga mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Shafira, W. J. Kusuma, and S. Subiyanto, “PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 326-330, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Adam Aditya Rafli dkk. (2024). DISTRIBUSI RATA-RATA INTELLIGENCE ARTIFICIAL. 4(2), 46–51.
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Juliani, A., Nurhayati, N., Pertama, F. P., Nurhasanah, N., Hidayat, A., Iklimah, S. E., Herawati, N., Agustiani, T., & Darmawan, A. (2025). Asesmen Multiliterasi. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=G-ZPEQAAQBAJ
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 97–110.
Puji Lestari. (2024). Fenomena Budaya Malas Bepikir di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tantangan untuk Masa Depan. Kapol.Id. https://kapol.id/fenomena-budaya-malas-berpikir-di-kalangan-mahasiswa-sebuah-tantangan-untuk-masa-depan/
Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/826
Sri Nopiani, Iin Purnamasari, Duwi Nuvitalia, & Andiani Rahmawati. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202–5210. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136