ANALISIS KONSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: MODEL PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER, EKSTRAKURIKULER DAN DESAIN P5 PADA SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 1 KOTA KEDIRI

Main Article Content

Marjono Marjono Udan Kusmawan Imam Baehaki

Abstract

Krisis pembelajaran yang memburuk akibat pandemi Covid-19 menghasilkan learning loss dan learning gap yang signifikan dalam sistem pendidikan Indonesia, sehingga menuntut transformasi kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap kondisi kontemporer. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada model pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas 4 di Sekolah Penggerak Angkatan 1 Kota Kediri. Penelitian menggunakan paradigma kualitatif dengan Model Evaluasi Stake's Countenance yang mengintegrasikan tiga tahapan evaluasi: kondisi awal (antecedents), proses pelaksanaan (transactions), dan hasil capaian (outcomes). Populasi penelitian meliputi 8 Sekolah Dasar dengan 39 tenaga pendidik dan 416 peserta didik, dengan sampel 191 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan kriteria keberhasilan 100% untuk setiap aspek evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Kurikulum Merdeka berjalan optimal dengan capaian rata-rata di atas 75% pada tahap antecedents dan mencapai di atas 90% pada tahap outcomes. Transformasi pembelajaran dari teacher-centered menjadi student-centered learning berhasil diimplementasikan melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi dan kontekstual. Kesimpulannya, implementasi kurikulum telah mencapai kategori baik hingga sangat baik dengan pengembangan karakter siswa sesuai profil pelajar Pancasila. Disarankan memperkuat dukungan sistemik sarana prasarana dan program pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Marjono, U. Kusmawan, and I. Baehaki, “ANALISIS KONSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: MODEL PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER, EKSTRAKURIKULER DAN DESAIN P5 PADA SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 1 KOTA KEDIRI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 835-843, May 2025.
Section
Artikel

References

Annisa, L., Mahmud, R., Nadawina, N., Rambe, & Agung, M. R. (2021). PENDIDIKAN ABAD 21 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Latifah. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Cesar, W., Saputra, R. R., & Wibowo, A. (2023). Klasterisasi Kepadatan Pegawai dengan Metode K-Means untuk Prediksi Kebutuhan CASN Instansi Pemerintah. JATISI (Jurnal Teknik …, 10(2), 340–354. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/4593
Gusnandy Gusnandy, Deswalantri Deswalantri, Januar Januar, & Alimir Alimir. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Palupuh. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 108–119. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.219
Indrawaty, I., & Mildawati, T. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1
Khusna, S., Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Semai 2: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 22–34.
Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2020). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Mulyanti, D., & Fasya, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 136–146.
Parhan, M., Fitriani, A., Pramesti, A. N., & Cahyati, C. (2020). Reconstruction of Ranking System Based on Maslow and Al-Ghazali’s Motivation Theory in Elementary School. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 124–131. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.24646
Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita, Q. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 871–879. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.415
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Suhendra, S., & Suprianto, B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi: Implementasi dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1556–1567. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.353
Trisnawati, N. I., Praptiningsih, Dzulkifli, Harahap, T. khairani, Putri, A. N., Ramadhan, N., & Hidayati, S. N. (2020). Kurikulum Prototipe Sebagai Opsi Pendidikan Di Indonesia. Tahta Media Group, 1–44.
Wijaya, A. R., & Wicaksono, S. H. (2025). Kajian Tema Sosial-Politik Dalam Proyek Bodies Of Power/Power Of Bodies Di Cemeti Institute For Art And Society. Journal of Contemporary Indonesian Art, 11(1), 13–23. https://doi.org/10.24821/jocia.v11i1.15070
Yamin Nurzaman, M., & Nurina Sari, B. (2023). Implementasi K-Means Clustering Dalam Pengelompokkan Banyaknya Jumlah Petani Berdasarkan Kecamatan Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 131–144. http://jurnal.mdp.ac.id