ANALISIS KONSEPSI GURU TERHADAP MODEL ASESMEN, DESAIN P5 DAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR SD PADA KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK KOTA BATU
Main Article Content
Abstract
Abstrak Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak menuntut transformasi konsepsi guru dalam mengembangkan praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsepsi guru terhadap model asesmen, desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan pengembangan modul ajar pada keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah penggerak Kota Batu. Metode penelitian kualitatif deskriptif-eksploratif dilaksanakan di SDN Sisir 06 dan SDN Songgokerto 03 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan pendekatan inductive thematic analysis dengan triangulasi komprehensif untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan konsepsi guru terhadap asesmen mengalami evolusi dari pendekatan konvensional menuju asesmen holistik yang mengintegrasikan dimensi diagnostik, formatif, dan sumatif. Desain P5 dikembangkan melalui pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan kearifan lokal. Pengembangan modul ajar dilakukan secara kolaboratif dengan personalisasi berdasarkan hasil asesmen diagnostik. Keberhasilan implementasi tercermin pada peningkatan pencapaian pembelajaran dan perkembangan karakter peserta didik sesuai profil pelajar Pancasila.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asma, A. (2023). Development of an Ethnic-Math HOTS-Based Assessment Instrument to Measure Students’ Numerical Literacy. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(4), 691–699. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i4.909
Dhani, A. P., & Wijaya, D. N. (2024). Sejarah Pemikiran Pendidikan Merdeka Ki Hajar Dewantara Tahun 1922 – 1942. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 9. https://doi.org/10.17977/um063v4i6p9
Elizasri, & Ilyas, A. (2022). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Sawahlunto. Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, 01(01), 44–49. http://pcpendidikan.org/index.php/jpcp/article/view/8
Faridahtul Jannah, Thooriq Irtifa’ Fathuddin, & Putri Fatimattus Az Zahra. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Febriandiela, F., & Fitrisia, A. (2023). Implementasi Thematic Analysis Melalui Langkah Coding Dalam Penelitian Kualitatif Pada Ilmu Sosial. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 1–10. https://journal.uwgm.ac.id/index.php/fisipublik
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022, 139–150.
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. 11(Table 10), 4–6. https://journal.uwgm.ac.id/index.php/fisipublik
Hariani, A. T., Nugroho, A. A., & M, N. A. N. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI SEKOLAH SD N PLEBURAN 01. 09(September), 1820–1825.
Irsan, M. (2016). Pentingnya Penggunaan Metode Dalam Pembelajaran Di Man 2 Parepare. Iain Pare, 1–23.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Apriliani, D., Husna, M., Azahra, R., & Zahra, V. N. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Mengatasi Learning Loss yang Terjadi di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3558–3568. Upaya pemerintah untuk memperbaiki krisis pembelajaran pada pendidikan di Indonesia yaitu dengan mengeluarkan kebijakan merdeka belajar
Juliarni. (2025). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI UNGGULAN MONGINSIDI 1 MAKASSAR. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Kadek Dedy Herawan. (2024). Pelaksanaan Asessmen Diagnostik Non-Kognitif Dalam Rangka Mememetakan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Bali Kelas X Tsm Smk Pgri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2023/2024. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 14(1), 11–21. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v14i1.3522
Lazwardi, L., Hendriani, S., Haviz, M., Trisoni, R., & Fadriati, F. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak di SMAN 1 Tilatang Kamang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 319–338. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1125
Masjudin, Suharta, G. P., Lasmawan, I. W., & Fatwini. (2024). STRENGTHENING 21ST CENTURY SKILLS THROUGH AN INDEPENDENT CURRICULUM IN MATHEMATICS EDUCATION IN INDONESIA: CHALLENGES, POTENTIAL, AND STRATEGIES. 6(2), 92–113.
Melia Nurkhalisa, Muthia Aprianti, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Sebagai Pembentukan Karakter Bangsa. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 113–120. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.202
Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678–682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877
Ningsih, E. P., Fajriyani, N. A., Wahyuny, R., & Malahati, F. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Perspektif Progresivisme. Khazanah Pendidikan, 17(1), 163. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16037
Penelitian, J. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 127–168. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17397
Pratiwi, S. R., Nugraheni, T., & Sukmayadi, Y. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 28 Kabupaten Tebo. Ringkang : Kajian Seni Tari Dan Pendidikan Seni Tari, 4(2), 367–375. https://doi.org/10.17509/ringkang.v4i2.76561
Rahayu, B., & Ariningtyas, R. E. (2023). Reduction of anxiety and pain in primigravida mothers with modified Iyengar yoga: A clinical study. Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, 14(1), 100584. https://doi.org/10.1016/j.jaim.2022.100584
Rahman, Abdul, Zamsiswaya, & Harun, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di UPT SMP Negeri 1 Tapung. 7(2), 185–201. https://doi.org/10.24014/au.v7i2.
Rahman, Aulia, Munawarah, & Fakhri. (2025). Implementasi Program TPK (Tim Pendamping Keluarga) dalam Pendampingan Calon Pengantin dan Ibu Hamil di Desa Telaga Sari Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Kebijakan Publik, 2(2), 735–747.
Robert C. Bogdan & Sari Knopp Biklen. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methode.
Sahertian, P., & Effendi, Y. R. (2022). The role of principal transformational leadership based on Lonto Leok culture Manggarai community for strengthening student character. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 35(3), 321–338. https://doi.org/10.20473/mkp.v35i32022.321-338
Salsabila, B. (2024). Teacher Strategies for Increasing Student Creativity Through the Project for Strengthening Pancasila Student Profiles. Iceduall, 46–56.
Sola, E., & Bundu, P. (2023). The Development Instrument of High Order Thinking Skills Assessment for the Elementary Student. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.119
Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353
Suherti, H., & Sadiah, A. (2023). IMPLEMENTATION OF ADDIE INSTRUCTIONAL DESIGN USING THE DISCOVERY LEARNING MODEL IN THE ECONOMICS EDUCATION MANAGEMENT COURSE. 9, 375–381.
Tuerah, S., R. M., Tuerah, J. M., & Progam. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Ulfa Fatimah, Asianna Manik, Paiman Eliazer Nadeak, & Sri Yunita. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Profesi Guru di Era Digital. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 107–115. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i3.2979
Wahyuni, I., Hanum, M., Firnanda, D. T. F., & Anam, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Vii B Smpn 12 Jember Dengan Menggunakan Metode Three Tier Test Pada Materi Aljabar. Inspiramatika, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v9i2.5114
Williams, M. K. (2017). John Dewey in the 21st century. Journal of Inquiry and Action in Education, 9(1), 91–102.
Wright, G. B. (2016). Student-Centered Learning in Higher Education. Theorising Learning to Teach in Higher Education, 23(3), 1–237. https://doi.org/10.4324/9781315559605
Yuni, R., Rahman, R., Juita, R., & Adriantoni. (2025). PENERAPAN ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF DALAM KURIKULUM MERDEKA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP UNIVERSITAS MANDIRI, 11(02), 279–289.