IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PAI: STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Ghina Rahmi Fauzan Fauzan Yayah Nurmaliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan, 2) Menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan, 3) Menganalisis evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan, 4) Menganalisis implikasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan, dan 5) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan.  


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan yang terlibat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI.  


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan telah direncanakan dengan sangat baik melalui penyusunan silabus dan RPP yang sesuai dengan kebutuhan beragam peserta didik. Implementasinya berjalan efektif dengan penggunaan metode bervariasi seperti diskusi, proyek, dan problem-based learning, serta pengelolaan lingkungan belajar yang fleksibel. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara sistematis melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, yang mendorong pengembangan berpikir kritis dan kreatif. Implikasinya terlihat pada peningkatan antusiasme belajar, kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, serta ekspresi pemahaman melalui karya kreatif. Faktor pendukung meliputi peran aktif guru, dukungan sekolah, dan keterlibatan orang tua. Namun, beberapa peserta didik cenderung pasif dalam bertanya atau mencari solusi atas kesulitan yang mereka hadapi. Ketidaksiapan peserta didik dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri juga dapat menjadi faktor yang menghambat efektivitas implementasi.  


Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Model Pembelajaran Berdiferensiasi yang berlokasi di Tangerang Selatan berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Namun, diperlukan strategi khusus untuk mengatasi tantangan seperti meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dan membangun kemandirian belajar mereka guna optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi. 

Article Details

How to Cite
[1]
G. Rahmi, F. Fauzan, and Y. Nurmaliyah, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PAI: STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 352-366, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Abdi, dkk. "Penerapan Model Pembelajaran Reflektif pada Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Colomadu." BIO-PEDAGOGI, Vol. 3 No. 1, 2014.
Abdul Fattah Nasution. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative, 2023.
Abdul Wahid. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Semarang: Walisongo Press, 2011.
Afif. "Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam oleh Guru Tingkat Sekolah Dasar." SITTAH: Journal of Primary Education, Vol. 2 No. 2, 2021.
Agni Danaryanti. "Analisis Berfikir Kritis dalam Agama Islam Mengecu pada Watson-Glazer Critical Thinking Appraisal pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017." Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2017).
Agus dan Aang. “Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021 Conference Proceedings Vol. 1, No. 1 (2021).
Agus Purwowidodo & Muhamad Zaini. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2023.
Agus Purwowidodo dan Muhamad Zaini. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2023.
Ahmad Muktamar et al. "Transformasi Kurikulum: Eksplorasi Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Dinamika Kurikulum Merdeka Di Setiap Pase." Holistik Analisis Nexus 1, no. 3 (2024).
Ahmad Teguh Purnawanto. Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, Vol. 2 No. 1, 2023.
Ahmad Zain Sarnoto. "Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka." Journal on Education, Vol. 6 No. 3, 2024.
Ahmad Zain Sarnoto. "Model pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka." Journal on Education, Vol. 6 No. 3, 2024.
Aini Mahabbati, dkk. Diferensiasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press, 2023.
Akbar, dkk. "Merancang Struktur Konsep Pengembangan Bahan Ajar PAI dengan Mengadaptasi Beragam Sumber Informasi Hasil Riset Termutakhir." Jurnal Ilmiah Global Education, Vol. 5 No. 2, 2024.
Alamsyah, Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Peserta Didik. Jakarta: Kencana, 2015.
Ali Mahmudi. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Yogyakarta: FMIPA UNY, 2009.
Ali Mustofa dan Arif Muadzin. "Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2021).
Ali Mustofa, dkk. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahapeserta didikan Vol. 3, No. 3, Desember 2023.
Alif Lukmanul Hakim et al. Education 4.0: Capaian Pembelajaran Abad 21. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2024.
Allya, dkk. Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No. 2, 2024.
Almujab. "Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Peserta Didik." Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol 8 No 1, 2023.
Almujab. Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol. 8 No. 1, 2023.
Alvonco Johnson. The Way Of Thinking. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Amar Halim. "Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 pada Tingkat Sekolah Dasar." Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 3, no. 3 (2022).
Amir. "Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan bagi Anak Berbakat." Edukasi, 1(2), 57–67, 2009.
Andi, dkk. “Hubungan Kreativitas Guru dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2022.
Anis Sukmawati. "Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam." El Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol 12 No 2, 2022.
Anis Sukmawati. "Implementasi pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam." El Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 12 No. 2, 2022.
Ari Mawanto et al. "Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pecahan Kelas II." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2020).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Asep, dkk. "Konsep Dasar Bahan Ajar PAI dan Perannya dalam Pembelajaran." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 6 No. 4, 2024.
Asep,dkk. Konsep Dasar Bahan Ajar PAI dan Perannya dalam Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 6 Nomor 4. 2024.
Astuti. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMA.” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Universitas Siliwangi, 2019.
Awalis Sholekhah. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Creative Thinking Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Besaran Dan Pengukuran Kelas X Tahun 2019/2020. Universitas Islam Negeri Walisongo, 2020.
Awaliya, dkk. "Pengembangan Bahan Ajar berbasis Modul PAI perspektif Imam Al-Ghozali pada Peserta didik Inklusi." RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 2, 2022.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Azizah. "Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2, 2019.
Azizah. "Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 2, 2019.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek, 2022.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2022.
Benamrin Hadinata. "Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar." Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 2 (2022).
Benyamin Hadinata. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Terj. Alec Fisher. Jakarta: Erlangga, 2007.
Breaux, Elizabeth. How the Best Teacher Differentiate Introduction. New York: Routledge, 2013.
Busnawir. Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika: Tinjauan Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Solving dan Gaya Belajar. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2018.
Busro, dkk. "Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran PAI di SMPI Ash-Shodiq Bululawang." Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 5, 2023.
Cahya Mulyana, dkk. “Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 12 Bandung.” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 8, Nomor 1, Tahun 2023.
Carol Ann Tomlinson. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. 2nd Edition. Alexandria: ASCD, 2014.
Chanifudin dan Tuti. "Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran." Asatiza: Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No. 2, 2020.
Darmina, dkk. "Pengaruh Metode Karya Wisata terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun." Ihya Ulum Early Childhood Education Journal, Vol. 1 No. 2, 2023.
Defi Triana Sari, dkk. "Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik SD untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2022).
Defi Triana Sari, dkk. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik SD untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2 No. 1. 2022.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Desi Ratna Ningsih, Taufik Ramlan Ramalis, dan Unang Purwana. "Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Analisis Teori Respon Butir." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3, no. 2 (2018).
Dessy Putri Wahyuningtyas, dkk. Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2024.
Dewi dan Mutakinati. "Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Kependidikan, 3(1), 2019.
Dewi dan Mutakinati. "Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Kependidikan, Vol. 3 No. 1, 2019.
Dewi dan Retno. “Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di MAN Mojosari.” Jurnal UNESA Volume 5, No. 1, 2017.
Dina. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik di MI Miftahul Ulum Kota Batu. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.
Dinn Wahyudin, dkk. "Panduan Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 8 No 2, 2023.
Dinn Wahyudin, dkk. Panduan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024.
Dorisno, dkk. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Tarbiyah Al-Awlad Vol. 13, No. 2, 2023.
Dwi & Ahmad. "Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di MIN 2 Boyolali." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, Vol. 1 No. 2, 2024.
Dwi dan Ahmad. "Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di MIN 2 Boyolali." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, Vol. 1 No. 2, 2024.
Dwi Putriani Naibaho. "Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik." Journal of Creative Student Research, Vol. 1 No. 2, 2023.
Edi. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN Kabupaten Tabalong. Tesis Universitas Islam Negeri Antasari, 2023.
Eran Wandani, dkk. "Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Proses Pembelajaran Individu." Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol 1 No 5, 2023.
Fatimah dan Desyandri. "Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Konseling 5, no. 1 (2023).
Fauzi dan Sriyanto. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan IPS di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga sebagai Upaya Meningkatkan Critical Thinking Skill.” Proceedings of Seminar Kebangkitan Nasional dan Call for Paper Universitas Muhammadiyah Purwokerto ISSN: 2808-103X, 2023.
Fita. "Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI." Jurnal Madrasah, Vol. 6 No. 1, 2023.
Fita. "Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI." Jurnal Madrasah, Vol. 6 No. 1, 2023.
Fitri Fitriani dan Maemonah. "Perkembangan Teori Vygotsky dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika di MIS Rajadesa Ciamis." Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 11 No 1, 2022.
Fitriyah dan Moh. Bisri. "Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Peserta Didik Sekolah Dasar." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 9 No. 2, 2023.
Fitriyah dan Moh. Bisri. "Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Peserta didik Sekolah Dasar." Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 9 No. 2, 2023.
Fitriyah, dan Moh. Bisri. "Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Peserta Didik Sekolah Dasar." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 9 No 2, 2023.
Gunawan & Asnil. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan: RajaGrafindo Persada, 2019.
Gunawan dan Asnil. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Medan: RajaGrafindo Persada, 2019.
Hanafie, Wardah, dkk. Integrasi Islam dan Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Gowa: Agma Kreatif, 2023.
Handayani. "Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar." Jurnal BasicEdu, Vol 5 No 1, 2021.
Handayani. "Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu, Vol. 5 No. 1, 2021.
Hardika Saputra. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, 2018.
Hasnawati dan Netti. “Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo.” Educandum Volume 8, Nomor 2, November 2022.
Hasnawati. Pola Penerapan Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik di SMAN 4 Wajo. Tesis. Program Pascasarjana IAIN Parepare. 2021.
Hendra Surya. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2011.
Heny Kristiani, dkk. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemdikbudristek, 2021.
Heru dan Zakiah. Konsep Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 4 No. 2, 2022.
Ika Maryani. Asesmen Diagnostik Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: K-Media, 2023.
Ika Maryani. Asesmen Diagnostik Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: K-Media, 2023.
Jaleel, Sajna dan Anne Mary Thomas. Learning Styles Theories and Implications for Teaching Learning. USA: Horizon Research Publishing, 2019.
Jasmine, Julia. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa, 2016.
Jatim, dkk. "Implementasi Kesepakatan Kelas dalam Upaya Membangun Kedisiplinan Peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Sampang." Jurnal Cendekia Pendidikan, Vol. 1, 2023.
Jenifer Fox dan Whitney Hoffman. The Differentiated Instruction Book of Lists. San Francisco: Jossey-Bass, 2011.
Johnson Alvonco. The Way Of Thinking. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Julia Jasmine. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa, 2016.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Kiki. "Kemampuan Bertanya Versus Hasil Belajar Kognitif Mahapeserta Didik." Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol. 4 No. 2, 2022.
Kiki. "Kemampuan Bertanya Versus Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa." Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol. 4 No. 2, 2022.
Laila, dkk. "Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berdiferensiasi berbasis Multiple Intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik." Bioscientist, Volume 11, 2023.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Lilis Lismaya. Berfikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Lindawati Simorangkir, dkk. Hypnoteaching: Upaya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.
Luluk Ernawati. “Pengembangan Higher Order Thinking (HOT) Melalui Pembelajaran Mind Banking dalam Pendidikan Agama Islam.” Proceeding International Conference on Islamic Civilization and Society, 2017.
Maksum. "Prosedur Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI)." Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, Vol. 4 No. 2, 2024.
Mariati Purba, dkk. "Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction)." Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2022.
Mariati Purba, dkk. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Republik Indonesia, 2021.
Mariati Purba, dkk. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemdikbudristek, 2022.
Mariati Purba, dkk. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.
Marlina. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama, 2020.
Marlina. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama, 2020.
Maulana. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2017.
Melvin L. Silberman. Active Learning 101 Cara Belajar Peserta Didik Aktif. Penerjemah Raisul. Bandung: Nuansa Cendekia, 2018.
Miftakhul’Ulum, M. & Lestari, N. "Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Peserta Didik Tunagrahita." Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, Vol 1 No 1, 2023.
Miftakhul’Ulum, M., & N. Lestari. "Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Peserta didik Tunagrahita." Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, Vol. 1 No. 1, 2023.
Mokh Iman Firmansyah. "Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi." Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 17, no. 2 (2019).
Muhammad Fatchur Rochim dan Moch. Tolchah. "Ruang Lingkup Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Quran." Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10, no. 3 (2024).
Mujiburrahman, dkk. "Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka." (potongan terakhir tidak lengkap, harap lengkapi untuk dimasukkan secara penuh).
Muri Yusuf. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia, 2019.
Muslikah. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Membentuk Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 281 Jakarta. Skripsi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta, 2023.
Naibaho, dkk. "Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik." Journal of Creative Student Research (JCSR), Vol 1 No 2, 2023.
Nanang, dkk. "Definisi dan Teori Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran." Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, Vol. 2 No. 1, 2023.
Neneng, dkk. "Analisis Penataan Ruang Kelas dalam Melihat Respon Peserta didik." Jurnal Serumpun Mendidik, Vol. 1 No. 2, 2024.
Nidya Nina Ichiana, Abdul Razzaq, dan Andi Kamal Ahmad. "Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika Dalam Capaian Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik." Jurnal Pendidikan Mipa 13, no. 4 (2023).
Nuraini dan Zaka Hadikusuma Ramadan. "Pelaksanaan dan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar." Aulad: Journal on Early Childhood, Vol. 7 No. 1, 2024.
Nurfatimah Sugrah. "Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains." Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 19 No. 2, 2019.
Obi dan Chibuzo. “Experiential Learning Activities in Business Education for Developing 21st Century Competencies.” Journal of Education for Business 97(1), (2022): 36–42. https://doi.org/10.1080/08832323.2021.1884521
Olivia. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 01 Somagede Banyumas. Skripsi UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2023.
Peduk Rintayati. Buku Referensi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2022.
Prasetyo, A. & Sari, D. "Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya." Jurnal Pendidikan Inklusi, Vol 5 No 1, 2022.
Prasetyo, A. dan Sari, D. "Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya." Jurnal Pendidikan Inklusi, Vol. 5 No. 1, 2022.
Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, 2015.
Pupu. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Purnamasari, dkk. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), 2021.
Purwowidodo, Agus, dan Muhamad Zaini. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2023.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia (Edisi ke-IV). Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Pusposari, D. & Utami, R. "Implementasi Kesepakatan Kelas untuk Mencegah Keributan di Kelas 6A SDN Samarinda Ulu." Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 9 No 1, 2022.
Pusposari, D., & Utami, R. "Implementasi Kesepakatan Kelas untuk Mencegah Keributan di Kelas 6A SDN Samarinda Ulu." Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 9 No. 1, 2022.
Putri Wahyuningtyas, Dessy, dkk. Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2024.
Rahmawati, I. & Hidayati, N. "Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 6 No 2, 2022.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2014.
Rati dan Rediani. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Mahapeserta Didik." Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 6 No. 2, 2017.
Rati dan Rediani. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Mahapeserta Didik." Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 6 No. 2, 2017.
Rentah, dkk. "Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar." Jurnal BasicEdu, Vol. 6 No. 4, 2022.
Rentah, dkk. Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu, Vol. 6 No. 4, 2022.
Reri, dkk. "Implementasi Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Vol. 12 No. 2, 2020.
Riyo Arie Pratama dan Antomi Saregar. "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep." Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 2 No. 1, 2019.
Riza, dkk. "Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 1 No. 1, 2017.
Riza, dkk. "Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik." Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. 1 No. 1, 2017.
Saepudin. "Pendekatan Sistem dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Ta’dieb, Vol. 16 No. 9, 2012.
Safiratul, dkk. "Analisis Pengembangan Kurikulum pada Pendidikan Agama Islam." Journal of Instructional and Development Researches, Vol. 4 No. 4, 2024.
Saiful Almujab. Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Peserta Didik. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol. 8 No. 1, 2023.
Saihu, A. & Marsiti, S. "Evaluasi Penerapan Kesepakatan Kelas dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8 No 2, 2023.
Samiaji Sarosa. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Permata Puri Media, 2017.
Saprudin dan Nurwahidin. “Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 6, No. 11, November 2021.
Sarfa Wasahua. "Konsep Pengembangan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar." Jurnal Horizon Pendidikan, Vol. 16 No. 2, 2021.
Shidiq. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pendidikan Cendana Raiu Distrik Duri. Tesis. Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. 2023.
Sidiq. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pendidikan Cendana Riau Distrik Duri. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2023.
Siti Fatimah, dkk. "Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta." PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 3 No 1, 2023.
Siti Patimah. "Strategi Guru dalam Meningkatkan Keberanian Bertanya Peserta Didik di Sekolah Dasar." Jurnal Wahana Didaktika, Vol. 22 No. 2, 2024.
Siti Solekah dan Puji Rahayu. "Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan." JOEL: Journal of Educational and Journal of Educational and Language Vol 1 No 12, 2022, hal. 2113.
Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.
Supardi. Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Mataram: Sanabil, 2020.
Supardi. Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil, 2020.
Syarifuddin, dkk. “Karakteristik, Pendekatan, dan Proses Pembelajaran Kompetensi Peserta Didik Abad 21.” Jurnal 12 Waiheru Vol. 9, No. 1, 2023.
Teguh Triwiyanto. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Teuku Husni. Memerdekakan Peserta Didik Belajar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Aceh: Widyaprada Ahli Madya BPMP, 2022.
Titin, dkk. Memahami Media untuk Efektivitas Pembelajaran. Jutech: Jurnal Education and Technology, Vol. 4 No. 2, 2023.
Tomlinson, Carol Ann. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 2017.
Tomlinson, Carol Ann. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. USA: ASCD, 1999.
Tommy Tridaya Putra dkk. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2012.
Umi, dkk. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Peserta didik SMA." Jurnal Cendekia, Volume 07, 2023.
Wahyudin, Dinn, dkk. Panduan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024.
Walpole dan McKenna. Differentiated Reading Instruction. London: The Guilford Press, 2007.
Waseso. "Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis." Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1, 2018.
Wong, H. K. & Wong, R. T. The First Days of School: How to Be an Effective Teacher. Harry K. Wong Publications, 2018.
Yuniar, dkk. "Implementasi Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta didik Kelas IV." Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, Vol. 3 No. 1, 2024.