PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GAMIFICATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Main Article Content

Wiwin Anjelina Butarbutar Efni Cerya

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbasis gamifikasi memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa ekonomi SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain Non-Equivalent Control Group dan kerangka kerja quasi-experimental. Dengan purposive sampling dari kelas XI, kelompok eksperimen mendapatkan PBL berbasis gamifikasi dan kelompok kontrol menggunakan paradigma pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes awal dan tes akhir dan dievaluasi menggunakan normalitas, homogenitas, dan uji-t sampel berpasangan. Skor rata-rata post-test kelompok eksperimen (83,00) jauh lebih tinggi daripada kelompok kontrol (65,71), yang menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis menunjukkan pengaruh substansial pembelajaran berbasis proyek berbasis gamifikasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik (nilai-p < 0,05). Penerapan model ini meningkatkan keterlibatan aktif, motivasi belajar, dan kemampuan analisis peserta didik melalui pemecahan masalah kontekstual dan penggunaan elemen permainan interaktif.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Butarbutar and E. Cerya, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GAMIFICATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 331-335, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Akpur, U. (2020). Critical, Reflective, Creative Thinking and Their Reflections on Academic Achievement. Thinking Skills and Creativity, 37, 100683. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100683
Alhaq, A., Putra, R. W. Y., & Apriyanti, T. (2023). Pengaruh Konsep Gamifikasi Dalam Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. 5.
Anwar, I., Anis Zahrotin, & Army Al Islami Ali Putra. (2024). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Problem Based Learning pada Getaran dan Gelombang untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 556–566. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1610
Ardiyanto, E. Y., Suryani, N., & Rahayu, U. (2025). Development of Problem-Based Learning (PBL) Oriented E-Module to Improve Critical Thinking Skills for Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Matematika.
Arsyad, S. N., Swandi, A., Devi, Y. N., Rahmadhanningsih, S., Fauzan, A., & Fansury, A. H. (2022). UJI PRAKTIKALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS GIM EDUKASI MENGGUNAKAN GDEVELOP PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 785–794. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.618
Demiral, U. (2018). Examination of Critical Thinking Skills of Preservice Science Teachers: A Perspective of Social Constructivist Theory. Journal of Education and Learning, 7(4), 179. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p179
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Gaol, A. F. L. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Augmented Reality pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas. 6.
Hidayah, Z. I., & Eka, K. I. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar dan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Media Wordwall. Jurnal Basicedu, 8(3), 1996–2007. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7538
Kapp, K. M. (2012). The gamification of learning and instruction: Game-based methods and strategies for training and education. Pfeiffer.
Rivas, S. F., Saiz, C., & Ossa, C. (2022). Metacognitive Strategies and Development of Critical Thinking in Higher Education. Frontiers in Psychology, 13, 913219. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.913219
Sidik, A. M., Zamnah, L. N., & Zakiah, N. E. (2025). PENERAPAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. 5.
Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). PROBLEM-BASED LEARNING TO IMPROVE CRITICAL THINKING ABILITY IN INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 07(01).
Vitty Binti Fung Ah Chon, Sabariah Bte Sharif, & Nuryati Binti Md. Saleh. (2024). Gamification for Enhancing Students’ Learning Motivation: A Systematic Review. Journal of Cognitive Sciences and Human Development, 10(2), 19–41. https://doi.org/10.33736/jcshd.7231.2024
Yuliasari, I. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514