PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS EKSPOSISI BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEWOLEMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks eksposisi bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lewolema serta untuk mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lewolema tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa selama pembelajaran dan interaksi antar siswa dalam memecahkan masalah. Melalui tahapan Problem based learning (PBL) seperti identifikasi masalah, pengumpulan data, diskusi kelompok, dan presentase hasil siswa lebih terdorong untuk berpikir kritis dan menyampaikan pendapat secara logis dan terstruktur. Selain itu hasil tes menunjukan adanya peningkatan nilai siswa dari siklus I sebesar 64,21 dan ke siklus II sebesar 86,31. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif diterapkan pada siswa SMA Negeri 1 Lewolema dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks eksposis karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Patrisius Gelupa Werang, Imelda Oliva Wissang, S. K. K. K. (2023). [PDF] dari insuriponorogo.ac.id Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDK Penilering Desa Balaweling 1, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur. Social Science Academic, 1(2), 393–402.
Pranoto, I., Ediantes, E., & Siahaan, V. D. (2023). Filsafat Pendidikan Sebagai Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Di Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 307-317.
Septi, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 159 Bengkulu Utara (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Veronika Frumentia T. Mawar, Imelda Oliva Wissang, Y. Y. M. L. (2023). Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Adonara Tengah, Desa Kenotan, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Social Science Academic, 1(2), 373–382. https://doi.org/EISSN: 2986-6502 DOI: 10.37680/ssa.v1i2.3593.
Wissang, I. O. (2022). Implementasi Metode Creating and Sharing Content dalam Pembelajaran Bercerita. In JEJARING TEKNOLOGI METAVERSE (1st ed., pp. 169–170). Akademia Pustaka. www.akademiapustaka.com.
https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/ undangundang/UU%20No%2020%20Tahun%202003%20tentang%20Sistem%20Pendidikan%20Nasional.pd