MENINGKATKAN KETEPATAN PENGGUNAAN STRUKTUR KALIMAT DALAM PENULISAN CERPEN DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 2 LARANTUKA TAHUN PELAJARAAN 2024/2025

Main Article Content

Yosefina Bare Liwun Pilipus Wai Lawet Yoakim Yolanda Mario Leu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Larantuka tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Project based learning dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Tanggart. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam penulisan Cerpen pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Larantuka, yang indikatornya berupa peningkatan skor rata-rata dari siklus I sebesar 75,78% ke siklus II sebesar   100%.  (1) Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya 2 siswa dengan persentase 6,45% memperoleh nilai 80 dengan kategori  tuntas, sedangkan 29 siswa tidak tuntas dengan persentase 93,54% yang memperoleh nilai 60 ke bawah pada kategori  tidak tuntas, (2) Kemudian meningkat pada siklus II 30 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Larantuka. Sudah tidak ada yang memperoleh nilai kurang dari 75 atau berada pada kategori sangat rendah, 30 siswa memperoleh nilai 80- 100 dalam kategori sangat tinggi dan melewati nilai KKM, dan (3) Terjadinya perubahan tingkah laku siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa yang dicatat pada setiap siklus, dari hasil tersebut menunjukkan perubahan siswa yang lebih semangat dan lebih antusias dalam belajar.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. B. Liwun, P. W. Lawet, and Y. Y. M. Leu, “MENINGKATKAN KETEPATAN PENGGUNAAN STRUKTUR KALIMAT DALAM PENULISAN CERPEN DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMP NEGERI 2 LARANTUKA TAHUN PELAJARAAN 2024/2025”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 407-414, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Setiana, L. N., Jayanti, R., Pratiwi, B., & Priyantoko, P. (2022). Pendampingan siswa SMP MBS AL-Amin Bojonegoro dalam menulis cerita spendek dengan menggunakan metode Project-Based Learning. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(03), 133-140.s
Septiyenni, R. K., & Sukenti, D. (2023). Pengaruh metode proyek pembelajaran menulis cerpen. Jurnal Konfiks, 10(1), 34-43.
Setyawati, R. (2011). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Teknik Simulasi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi model pembelaaran berbasis case method dan project based learning dalam rangka mengakomodir higher order thinking skill mahasiswa dalam mata kuliah psikologi pendidikan bahasa arab di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153-10159.
Wulandari, M. P. (2020). Analisis pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik (analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Mulyatiningsih, E. (2020). Pengembangan model pembelajaran project based learning
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Yanti, Z. P. (2024). Kajian kebahasaan (Teori dan Analisis). Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Purwaningsih, E. (2018). Pola kalimat dalam berita utama koran tribun lampung mei—juni 2017 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMP.
Jassin, H. B. (1977). Tifa penyair dan daerahnya. (No Title).
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.