MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK PESERTA DIDIK GENERASI ALPHA
Main Article Content
Abstract
Analisis peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran untuk generasi alpha merupakan tujuan penelitian ini karena kondisi pendidik saat ini mengalami kesulitan dalam membelajarkan pelajar generasi alpha. Permasalahan yang ditemukan masih sangat beragam, namun pada hakekatnya tidak ada ruang bagi para pendidik untuk berdalih dan tidak memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menganalisis media pembelajaran berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran untuk generasi alpha. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber literatur dan sumber elektronik terpercaya yang dapat mendukung analisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi dapat menyeragamkan persepsi belajar peserta didik, memfasilitasi interaksi pendidik dan peserta didik, memperlancar proses pembelajaran, serta menjawab tantangan yang era digital. Para pendidik harus mampu meningkatkan literasi teknologi dengan meninggalkan budaya yang selalu beralasan yaitu “tidak ada waktu untuk belajar”. Dengan menemukan jawaban atas analisis ini, kesenjangan antara pendidik dan pelajar generasi alpha dapat teratasi dengan baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amelia, T., Saputra, A. I. I., & Sari, N. (2024). Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Media Bergambar Untuk Meningkatkan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(2), 61–68.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993.
Atsani & Lalu Gede Muhammad Zainuddin. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JAl-Hikmah: Jurnal Studi Islam. 1(1): 65–70.
Dea Azzahra, & Nurjaman, A. R. (2023). Karakteristik Anak SD pada Teknologi dalam Pepspektif Islam. Journal of Education Research, 4(2), 556–562. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.190.
Diah Ayu Puspitasari, & M. Rizky Ramadhan. (2024). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Generasi Alpha Perspektif Pendidikan Islam dan Psikologi. JAWARA: Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 86–104.
Euis Erni Sapriyani, & Ageng Saepudin Kanda. (2024). Keluhan Guru Mengenai Banyaknya Siswa Yang Tidur Di Kelas Saat Belajar Di PP Sumur Bandung. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 180–185. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2780
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178–186. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
Fikhri, M., Okra, R., Musril, H. A., & Khairuddin, K. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Berbasis Multimedia di MAS Asy-Syarif Kotolaweh. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 461–470. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.286
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hidayat, M. I., & Yusnidah. (2020). Revolusi Pendidikan Tinggi di Era Industri. Yogyakarta: Deepublish..
Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840–846. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2025). Media. https://kbbi.web.id/media. Diakses 4 Juli 2025.
Mentari Nataya Nasution A. (2024). The Development Period of Generation Alpha: Viewed from the Perspective of Developmental Psychology Atika Mentari Nataya Nasution. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 5(1), 158–164.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London : Sage.
Mubarok, S., Utomo, A. P. Y., Najihah, M., Safitri, A. N., Ngabiyanto, N., Pratama, G. S., & Utami, F. (2024). Persepsi Siswa terhadap Hasil Belajar dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot Bahasa Indonesia Teks Deskripsi. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 34–45. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.684.
Mulyasa E, Enco. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Ramadhanty, S., Oktrifianty, E., & Hasan, N. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Kelas V Sdn Kalideres 06 Pagi. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(3), 267–282.
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563.
Sandrasyifa Ully, C., & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting Dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 133–141.
Sekar, A., Amalia, E.N., Eka, R.S., Afifa, R., Natasya, L., & Kuntarto, E. (2024). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Penggunaan Media. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL). 4(6), 982–992.
Sihombing, Y., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Problematika Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 725. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5611.
Siti Malahayati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Menulis Puisi. JMRI Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.61240/jmri.v1i1.2
Wahyono, Poncojari, H. Husamah וAnton Setia Budi. 2020. Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring”. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. 1(1): 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462