PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENIGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Article Content

Mohammad Kusairi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode role playing dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa Madrasah Itidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di salah satu Madrasah ibtidaiyah, dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, yang meliputi kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, dan menyelesaikan konflik. Peningkatan terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan skor keterampilan sosial siswa pada setiap siklus. Dengan demikian, metode role playing terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Kusairi, “PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENIGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 483-485, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. U. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching (8th ed.). Boston: Pearson.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Nurhadi. (2004). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Malang: Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge,
MA: Harvard University Press.