ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SMAK ST. ANTONIO OECUSSE TIMOR LESTE

Main Article Content

Oktaviana M.F.Q. Bobe Rozario Mendonca Da Costa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Timor Leste, serta menilai kesesuaian kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan. Urgensi penelitian ini sangat tinggi, baik dari sisi akademis maupun praktis, seiring dengan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste. Pembelajaran BIPA menjadi semakin relevan sebagai sarana komunikasi antarbangsa di kawasan Asia Tenggara. Secara akademis, penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan kajian BIPA yang masih terbatas. Secara praktis, hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi Balai Bahasa dan lembaga terkait dalam menyusun kebijakan pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode campuran: kualitatif untuk menggali pengalaman dan persepsi guru dan siswa, serta kuantitatif untuk mengukur kebutuhan secara numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan pelatihan dalam metodologi pengajaran interaktif, pemanfaatan media digital, ketersediaan buku ajar yang sesuai tingkat kemampuan siswa, serta forum berbagi pengalaman antar guru BIPA. Sementara itu, siswa membutuhkan materi pembelajaran yang kontekstual, media interaktif, metode pengajaran yang bervariasi, lebih banyak latihan berbicara, dan tambahan waktu belajar di luar kelas. Temuan ini mengindikasikan bahwa kurikulum dan metode pengajaran BIPA saat ini belum sepenuhnya mampu menjawab kebutuhan pembelajar. Oleh karena itu, pelatihan intensif bagi guru serta forum diskusi antar pengajar perlu difasilitasi secara berkala. Selain itu, kurikulum BIPA perlu direvisi agar materi dan jam belajar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
O. M.F.Q. Bobe and R. M. D. Costa, “ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SMAK ST. ANTONIO OECUSSE TIMOR LESTE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 581-589, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

O. M.F.Q. Bobe, and R. M. D. Costa, “PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KATOLIK SANTO ANTONIO KABUPATEN OECUSSE-TIMOR LESTE,” vol. 5, no. 4, pp. 7269–7275, 2024.
S. Ramadloni, L. Muliastuti, and M. Anwar,“Pemanfaatan laman BIPA daring sebagai media pembelajaran BIPA berkonteks kearifan lokal di ASEAN,” J. Bhs. Indones. bagi Penutur Asing, vol. 4, no. 1, pp. 62–71, 2022.
A. Aziz and S. Zakir, “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan,” vol. 2, no. 3, pp. 1030–1037, 2022.
A. N. Dewi, “Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing melalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif,” J. Bhs. Indones. Bagi Penutur Asing, vol. 5, no. 2, pp. 122–143, 2023.
D. Narawaty, “Pergeseran dan pemertahanan bahasa di Timor-Leste: Suatu kajian sosiolinguistik,” Pujangga J. Bhs. dan Sastra, vol. 9, no. 1, pp. 108–122, 2023.
S. Masitoh, A. Degaf, and M. Huda, “Language engagement program in the Indonesian language for foreign speakers Course (Prinsip keterlibatan bahasa pada pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing),” Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 8, no. 2, pp. 229–244, 2023.
U. H. Yulianti, I. Zulaeha, R. Rustono, and Y. E. Nugroho, “Gamifikasi Media Pembelajaran Alternatif Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Universitas Jenderal Soedirman,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, pp. 840–845.
A. Anastasya, A. A. Adilia, A. C. Pratiwi, R. R. D. M. K. Wibowo, and K. Saddhono, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal ‘Istana Maimun’ untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA),” Ling. Rima J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 14, no. 1, 2025.
I. B. N. Mantra, I. A. M. S. Widiastuti, and I. N. Suparsa, “METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING,” Universitas Mahasaraswati Press.
R. Setiawan, H. A. Muhimmah, H. Subrata, and ..., “Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang inovatif tingkat Sekolah Dasar dengan teori Belajar Sibernetika,” … Dasar J. Kaji. …, 2023, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/25663
C. W. Hoerudin, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Scramble,” J. Al-Amar Ekon. Syariah, Perbank. Syariah, Agama Islam. Manaj. dan Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 121–130, 2023.
A. Maulana, I. Mulyaningsih, and I. Itaristanti, “Pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar berbasis web,” J. Bhs. Indones. bagi Penutur Asing, vol. 4, no. 2, pp. 134–156, 2022.
P. Salama and H. Kadir, “Penggunaan media pembelajaran BIPA berbasis budaya,” Jambura J. Linguist. Lit., vol. 3, no. 1, pp. 91–99, 2022.
A. A. Solikhah and L. Nurlina, “Pemanfaatan media digital pada pembelajaran BIPA: Sebuah kajian literatur,” Metaf. J. Pembelajaran Bhs. Dan Sastra, vol. 11, no. 1, pp. 63–72, 2024.
O. M.F.Q. Bobe, and R. M. D. Costa, “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan,” vol. 2, no. 3, pp. 3043–3047, 2022.
Suyitno, Imam. (2008). Norma pedagogis dan analisis kebutuhan belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA. (online). Tersedia: http://etnik-using.blogspot.com/2008/08/norma-pedagogis-dan-analisis-kebutuhan.html [2 Agustus 2025]
Elva Riezky Maharany. (2018). KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING THAILAND. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 348–354.
Toshova Khurshida Ibodullayevna, & KHASANOV ASLIDDIN ABDIMUROTOVICH. (2023). Importance of needs analysis in second language acquisition . International Scientific and Current Research Conferences, 1(1), 386–391.
Sulistyaningsih, L. S., Sitaresmi, N., Widia, I., Lutfiah, H., Thayyiba, R. T., & Sulaeman, T. A. (2023). Pelatihan dan Lokakarya Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Wilayah Jawa Barat. Dimasastra, 4(1).
SEAMEO QITEP in Language. (2022). SEAMEO QITEP in Language Kembali Gelar Pelatihan Metodologi Pengajaran BIPA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Unsyiah (2022).Contextual approach in Indonesian Language Learning Model for Foreign Speakers (BIPA) to Improve Language Competence Skills. Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pengembangan Pengajaran Bahasa, 16(1), 14-23.
Kurniawati, H., & Nurlina, L. (2024). Strategi Belajar BIPA dengan Aplikasi dan Platform Digital: Kajian Literatur. Journal of Knowledge and Collaboration, Vol. 1 No. 8.
Wibowo, L. H., & Asteria, P. V. (2023). Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Norma Aktivitas Sehari-hari Berbasis Plurikultural Bagi Pemelajar BIPA Madya. BAPALA.
Hertiki et al. (2024?). Pemanfaatan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajar BIPA dalam Kelas Daring di KBRI Oslo, Norwegia. Pancasona.
Zaka, I. (2024). Enhancing the Speaking Skills of Intermediate BIPA Learners through Routines and Patterns. Indonesian Journal of Multidisciplinary Educational Research.
Williyansen, K. E., Lee Yen, & Rosliani. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyimak dengan Media Digital bagi Pemelajar BIPA. Jurnal Ilmiah Aquinas.
Lidiawati, L., Heliawati, L., & Pursitasari, I. D. (2024). The Effectiveness of Contextual Research-Based Teaching Materials on Students’ Learning Independence and Concept Mastery. JPI Undiksha.
Misnawati, M. (2024). Model Pembelajaran AKIK (Aktif, Komunikatif, Interaktif, Kolaboratif) dalam Pengajaran BIPA di Philippine Normal University South Luzon. Kegiatan Positif, 2(2)
Astari, N.P., Yusuf, C., & Wahyono, H. (2024). Formula Materi Ajar Tata Bunyi dan Kosakata BIPA Level 1: Media Audio Visual. Jurnal KIBASP, 7(2), 589–607.
Rizkyanfi, M. W. (2024). Studi Evaluatif Bahan Ajar Membaca Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Repositori Kemendikdasmen.