PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Canva terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Desain kuasi-eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design digunakan pada dua kelas paralel, masing-masing terdiri atas 32 siswa. Kelompok eksperimen diajar menggunakan PBL berbasis Canva, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian mencakup tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan, serta rubrik penilaian proyek. Analisis data dilakukan melalui uji t independen, ANCOVA, perhitungan N-Gain, dan ukuran efek Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor posttest lebih tinggi (83,75) dibandingkan kelompok kontrol (72,18). Nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,65 (kategori sedang–tinggi), sementara kelompok kontrol hanya 0,38 (kategori sedang). Ukuran efek Cohen’s d sebesar 1,62 menegaskan bahwa pengaruh intervensi sangat kuat. Produk proyek siswa menunjukkan kualitas baik dalam aspek akurasi konsep IPA, kreativitas visual, dan keterpaduan informasi. Temuan ini mendukung teori konstruktivisme bahwa keterlibatan aktif siswa dalam PBL, diperkuat media digital visual, meningkatkan pemahaman konseptual sekaligus keterampilan literasi digital.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afifah, Nur, Jimat Susilo, and Ho Ngoc Hiu. 2025. “Canva Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Dengan Pendekatan CRT ( Culturally Responsive Teaching ) ( Canva as a Tool to Enhance Student Creativity Using the CRT ( Culturally Responsive Teaching ) Approach ).” Jurnal ANUFA 112–24.
Ahmad, Wahyuni, Gamar Abdullah, and Kudus Kudus. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Di Kelas V SD.” SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA 5(2):536–45. doi: 10.51878/science.v5i2.4881.
Anderson, Juven, and Sheren Juan Angela. 2022. “Elemen Visual Pada Infografis: Studi Infografis Karya Mahasiswa Mata Kuliah Identitas Merek.” Jurnal Desain Komunikasi 4:102–10.
Annisa Hartiyaningsih, Eko Retno Mulyaningrum, and Risno Setiyono. 2024. “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X.” Jurnal Pendidikan Guru Profesional 2(1):31–43. doi: 10.26877/jpgp.v2i1.834.
Asrofi, Asrofi, and Miftachul Amin. 2024. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Media Instagram Stories Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 2(2):57–66. doi: 10.61650/jptk.v2i2.689.
Azri, and Raniyah Qaulan. 2024. “PERAN TEKNOLOGI DAN PELATIHAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3(4):4859–84.
Baskara, FX. Risang, Eny Winarti, and Andreas Erwin Prasetya. 2024. “Peningkatan Efektivitas Project-Based Learning Melalui Integrasi Kecerdasan Buatan.” Madaniya 5(3):904–18. doi: 10.53696/27214834.863.
Basri, Syamsuriana, Fitrawahyudi Fitrawahyudi, Khaerani Khaerani, Ince Nasrullah, Ernawati Ernawati, Aryanti Aryanti, Sri Maya, Sitti Aisyah, and Irma Sakti. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva.” Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 1(2):96–103. doi: 10.37985/pmsdu.v1i2.65.
Bustanul Arifin, and Abdul Mu’id. 2024. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin 1(2):118–28. doi: 10.62740/jppuqg.v1i2.23.
Destiawati, Destiawati, Muhammad Pauji Aripin, Iqlima Mutiara Alifah, Muhamad Wahyudin, Az-Zahra Putri Maulida, and Hani Hadiyati Pujawardani. 2024. “Pemanfaatan PowerPoint Dalam Canva Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MI Abdurrahman Kota Bandung.” Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies 4(2):699–709. doi: 10.47467/tarbiatuna.v4i2.6917.
Dewi, Ni Nyoman Saras Kamala, Ida Bagus Putu Arnyana, and I. Gede Margunayasa. 2023. “Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 6(1):133–43. doi: 10.23887/jippg.v6i1.59857.
Dewi, Rooswita Santia, and Ahmad Suriansyah. 2025. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN: STUDI KUALITATIF PADA SEKOLAH DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 5(1):33–43.
Emira Hayatina Ramadhan, and Hindun Hindun. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2(2):43–54. doi: 10.55606/protasis.v2i2.98.
Erniasih, Erniasih, Risa Panti, and Made Suriani. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas Xi Tata Boga Di Smk Negeri 2 Singaraja.” Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 9(3):155. doi: 10.23887/jjpkk.v9i3.22140.
Faradina, Najwa Rika, Athifah Fauziyyah, Ina Mutmainah, Alya Az Zahra, Arie Rakhmat Riyadi, and Neni Maulidah. 2025. “Pengalaman Peserta Didik Fase B Dalam Memahami Konsep Melalui Gamifikasi Digital.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 10(1):866–74. doi: 10.29303/jipp.v10i1.3034.
Ginting, Aisyah Mutiara Ramadhani, Iza Meri Siregar, M. RIzk. Pratama, Nadia Syahputri, and Hadi Saputra Panggabean. 2025. “Perkembangan Ilmu Alamiah Dan Sikap Ilmiah Dalam Mempelajari Ilmu Alamiah.” Indonesian Research Journal on Education 5:180–85.
Handayani, Tri Emy, Ana Fitrotun Nisa, and Zainnur Wijayanto. 2025. “Implemetasi Project Based Learning Melalui Proyek Eksplorasi Tumbuhan Di Sekolah Dasar.” 3:86–97.
Hani, Siti Umu, Aditya Aditya, Sapitri Rahayu, and Wulan Ramadan Yulianti. 2024. “Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Literasi Digital Di SDN Sirap Dan SDN Sirnasari.” Jurnal Pengabdian Sosial 2(2):2630–39. doi: 10.59837/tv4xf054.
Junita, Eka Risma, Asri Karolina, and M. Idris. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong.” Jurnal Literasiologi 9(4):43–60. doi: 10.47783/literasiologi.v9i4.541.
Miftahul Jannah, Feryana N., H. Nuroso, Mudzanatun Mudzanatun, and E. Isnuryantono. 2023. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(1). doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.
Ninggrat, Aziza Aksari, and Ari Suriani. 2025. “Utilization of Direct Instruction Learning Model Based On Lecture And Question And Answer Methods in Class V SDN 06 Padang Besi.” Jurnal Pendidikan Sekolah 3(1):5–10.
Nur’aini, Nur’aini, Husni Tamrin, and Adib Masykuri. 2024. “Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Journal of Islamic Educational Development 1(1):64–73.
Nur Aisyah, and Faelasup Faelasup. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri 1 Kaliorang.” AL-AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(02):163–74. doi: 10.71382/aa.v1i02.142.
Nurulpaik, Iik, and Yulianti Fitriani. 2025. “Media Pembelajaran CANVA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Poster Siswa Sekolah Dasar : Systematic Literature Review.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 14(3):5501–10.
Oecd, Pisa. 2022. “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemamuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa.” AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(1):667–82. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715.
Oktavianto, Dwi Angga. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial.” Jurnal Teknodik (1):059. doi: 10.32550/teknodik.v21i1.227.
Primadoniati, Anna. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi-Kan Agama Islam.” Didaktika 9(1):77–97.
Sakila, Siti Risda, Hibana Hibana, and Tumbularani Tumbularani. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(2):2383–92. doi: 10.62775/edukasia.v4i2.599.
Salsabilah Ramadanis, and Ibnu Muthi. 2024. “Pengaruh Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):339–46. doi: 10.62383/hardik.v1i3.585.
Saputri, Alifia Nugrahaning, and Anatri Desstya. 2023. “Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Sragen.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7(2):154–65. doi: 10.30651/else.v7i2.18280.
Sari, Nur Indah, Nurhayani H. Muhiddin, Rifda Nurhikmawati Arif, Sahrani U, and Akhmad Syakur. 2025. “Pelatihan Pembuatan Poster Edukatif Menggunakan Canva Bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Maros.” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3):285–91. doi: 10.59395/altifani.v5i3.709.
Septiawan, Bambang, and Sunandes Aris. 20224. “Implementasi Intuisi Dalam Manajemen Bisnis (Sebuah Studi Literatur).” Jurnal Penelitian Manajemen Terapan 9(2):199–209.
Setiyono, Pupuk, Titik Haryati, and Endang Wuryandini. 2025. “Strategi Digitalisasi Sekolah Dan Kualitas Pembelajaran Di Era 4.0.” Indonesian Research Journal on Education 5:1079–85.
Sumitro, Eko Adi, and Hanifatur Rizqi. 2024. “Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas: Studi Eksperimen Metode Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4(2):768–76. doi: 10.51574/jrip.v4i2.1689.
Sutarto, Sutarto. 2023. “Strategi Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan 4c’s (Kolaborasi, Komunikasi, Berpikir Kritis Dan Kreatif) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 9(3):1543. doi: 10.29210/020232187.
Syabaruddin, Agus, and Imamudin Imamudin. 2022. “Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Eduscience 9(3):942–50. doi: 10.36987/jes.v9i3.3447.
Tarigan, Tiara Lisa, Dkk. 2024. “Implementasi Teknologi Dalam Desain Pembelajaran Interaktif Untuk Megoptimalkan Kemampuan Kognitif Anak.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL_ 4(3):237–44.
Thalitha Attahara, and Azra Maulida Zein. 2024. “Digitalisasi Pendidikan: Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Mendukung Literasi Digital Melalui Pelatihan Desain Grafis Bagi Pelajar Di Pangkalan Brandan.” PUSAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):22–28. doi: 10.62945/pusaka.v1i2.122.
Thohiroh, Wardah Aqilah Mumtazah, nuansa bayu Segara, Sukma Perdana, Prasetya, and Prasetyana Hendri. 2024. “Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Project Sebagai Upaya Pengembangan Ecoliteracy Siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman.” Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 255-263. 4(3):255–63.
Utama, Kafiga Hardiani, and Firosalia Kristin. 2020. “Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):889–98. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.482.
Widiana, I. Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2):147. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Wildan Syafa’at Mahatma. 2024. “Membangun Keterampilan 4C (Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, Dan Kreativitas) Siswa Melalui Pendekatan Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Pada Pembelajaran IPS.” (June). doi: 10.13140/RG.2.2.19346.16321.
Yanti, Novitri. 2024. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran PAI Di Smkn 1 Koto Xi Tarusan.” Jurnal Pendidikan Tuntas 2(4):749–53.
Yusmar, Firdha, and Rizka Elan Fadilah. 2023. “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 13(1):11–19. doi: 10.24929/lensa.v13i1.283.