PENGARUH KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA PADA MATERI POKOK HAKEKAT NEGARA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PADANG BOLAK

Main Article Content

RISWANDI HARAHAP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat  pengaruh  kemampuan guru melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat negara  Di Kelas X  SMA Negeri 2 Padang Bolak. Populasi dalam penelitian ini  seluruh siswa Kelas X  SMA Negeri 2 Padang Bolak  yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan  total sampling yaitu mengambil sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi yakni  60 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah angket dan tes. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan mengguinakan analisis statistik rumus korelasi “r” Product Moment oleh pearson kemudian “ttes”. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa  kemampuan guru melaksanakan evaluasi berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 2,87. Sedangkan hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat Negara berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 76,03.Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 1,068 lebih kecil dari ttabel pada tingkat kepercayaan 95% dan kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 60 - 2 = 58 yakni 1,676  atau 1,068 <1,676. Artinya  tidak  terdapat pengaruh  yang signifikan antara  kemampuan guru melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat Negara di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak.

Article Details

How to Cite
[1]
R. HARAHAP, “PENGARUH KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA PADA MATERI POKOK HAKEKAT NEGARA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PADANG BOLAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 25, Jan. 2019.
Section
Artikel