PENGARUH KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA PADA MATERI POKOK HAKEKAT NEGARA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PADANG BOLAK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat pengaruh kemampuan guru melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat negara Di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan total sampling yaitu mengambil sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi yakni 60 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah angket dan tes. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan mengguinakan analisis statistik rumus korelasi “r” Product Moment oleh pearson kemudian “ttes”. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa kemampuan guru melaksanakan evaluasi berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 2,87. Sedangkan hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat Negara berada pada kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 76,03.Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 1,068 lebih kecil dari ttabel pada tingkat kepercayaan 95% dan kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 60 - 2 = 58 yakni 1,676 atau 1,068 <1,676. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru melaksanakan evaluasi terhadap hasil belajar PKn siswa pada materi pokok hakekat Negara di Kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak.