UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI HUBUNGAN INTERNASIONAL DI KELAS XII SMAN I LIMAPULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

MARISI SITORUS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar, keterampilan sosial, dan upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalkan kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Materi Hubungan Internasional Di Kelas XII SMAN I Limapuluh Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah kelas XII IPS SMA Negeri I Limapuluh dengan jumlah 34 siswa. Subjek pada penelitian ini terdiri dari satu kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pembelajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 5 pilihan jawaban, observasi kegiatan siswa selama kegiatan belajar mengajar, dan angket untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data diketahui bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,35 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang (61,75%) dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 orang (85,30%). Hasil observasi kegiatan belajar siswa yang dilakukan pengamat terhadap tujuh kategori mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata siswa yang aktif dari seluruh kategori adalah  sebesar 47% dan pada siklus II meningkat menjadi 67,22%. Berdasarkan hasil tabulasi dan analisis data angket maka rata-rata skor jawaban angket siswa diperoleh sebesar 22,624% dan dikategorikan bahwa siswa memiliki keterampilan sosial yang kurang setelah diadakannya pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Article Details

How to Cite
[1]
M. SITORUS, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI HUBUNGAN INTERNASIONAL DI KELAS XII SMAN I LIMAPULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 63, Jan. 2019.
Section
Artikel