PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA EKONOMIDENGAN TEKNIK FLASH CARD

Main Article Content

NUR AISAH HARAHAP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Sumber Daya Ekonomi dengan penerapan teknik pembelajaran Flash Card di SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Adapun tempat penelian ini adalah siswa kelas X-5. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan dua siklus dan Instrumen penelitiaan yang digunakan yaitu observasi, Interview dan test. Observasi digunakan untuk merekam dan mengumpulkan data yang autentik berupa informasi tentang proses pembelajaran selama pelaksanaan penelitian.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Skor pemerolehan siklus I adalah 65, yakni jauh dibawah nilai KKM yaitu 75, dan hanya 8 orang yang berhasil mencapai nilai KKM, berarti hanya 12% dari jumlah keseluruhan siswa yang tuntas, dan ada 88% siswa yang tidak tuntas. Siklus II hasil pemerolehan rerata skor siswa adalah 75, dan mengalami peningkatan, dan semua siswa telah dapat mencapai skor KKM yakni 100% tuntas. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Pembelajaran Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang Ekonomi khususnya pada materi Sumber Daya Ekonomi untuk siswa kelas X-5 di SMA Ngeri 1 Padangsidimpuan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap peningkatan tersebut adalah materi dan media yang digunakan dan kemampuan guru dalam penerapan Teknik Pembelajaran Flash Card.

Article Details

How to Cite
[1]
N. HARAHAP, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA EKONOMIDENGAN TEKNIK FLASH CARD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 68, Jan. 2019.
Section
Artikel