HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Nora Alisa Pulungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas ditinjau dari jenis kelamin guru dengan prestasi belajar biologi siswa di SMA N 2 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA yang terbagi atas 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 208. Sedangkan sampel penelitian diambil secara purposive sampling, yakni kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6 yang masing-masing terdiri atas 42 siswa sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini juga sebanyak 84 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian.


Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data pengelolaan kelas maupun data hasil belajar biologi siswa dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Untuk rata-rata pengelolaan kelas guru perempuan dengan  dan rata-rata prestasi belajar yang diajarkan guru perempuan dengan sedangkan untuk rata-rata pengelolaan kelas guru laki-laki dengan dan rata-rata prestasi belajar kelas yang diajarkan guru laki-laki dengan  Untuk teknik analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Y atas X1 adalah Ŷ = 8,46 + 0,73X merupakan regresi linier, hal ini dapat diketahui dari harga Fhitung dimana Fhit < Ftab (1,13 < 2,09) sedangkan untuk bentuk persamaan regresi Y atas X2 adalah Ŷ = 14,46 + 0,62X juga merupakan regresi linier dimana Fhit < Ftab (1,80 < 2,10).


Dari perhitungan koefesien korelasi pengelolaan guru perempuan terhadap prestasi belajar didapat r = 0,73 dan I = 54% sedangkan korelasi pengelolaan guru laki-laki terhadap prestasi belajar didapat r = 0,63 dan I = 39%.Untuk pengujian hipotesis pengelolaan kelas guru perempuan diperoleh thitung (6,82) > ttabel (2,00) dan untuk pengelolaan kelas guru laki-laki diperoleh thitung (5,10) > ttabel (2,00) sehingga dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang positif antara pengelolaan kelas ditinjau dari jenis kelamin guru dengan prestasi belajar biologi siswa di SMA N 2 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Pulungan, “HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 84, Jan. 2019.
Section
Artikel