PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Main Article Content

Ahmad Nizar Rangkuti

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari masalah struktur kognitif yang terbentuk dalam diri siswa belum tersusun dengan sempurna. Hal ini ditemukan bahwa siswa sering lupa materi pelajaran matematika dalam waktu yang relatif lama. Diduga salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya guru dalam memvariasikan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi dan penjelasan tentang proses peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada Topik Aritmatika siswa kelas VIII Putra SMP IT Bunayya Padangsidimpuan.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Putra SMP IT Bunayya Padangsidimpuan yang terdiri dari 27 orang siswa. Data dikumpulkan  dengan menggunakan lembaran observasi, catatan lapangan, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Putra SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Hal ini terjadi karena dengan pendekatan pendidikan matematika realistik, siswa mengalami proses matematisasi, berusaha bersama-sama dalam memahami materi pelajaran dan aktif berdiskusi dalam menuntaskan tugas belajarnya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Rangkuti, “PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 132, Jan. 2019.
Section
Artikel