Interaksi Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Main Article Content

Sukriadi Hasibuan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 200201 Kota Padangsidimpuan semester dua dengan jumlah sampelnya sebanyak 50 siswa yang terbagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rancangan penelitian menggunakan Pretes-Postes Control Group Design. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat diketahui bahwa F pada faktor pembelajaran yang berhubungan dengan kategori kelompok siswa sebesar 3.96 dengan nilai signifikansi sebesar 0.026 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga H0 diterima. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Secara teoritis interaksi terjadi karena dipengaruhi oleh kemampuan awal dan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengeksplorasi kemampuan matematik.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Hasibuan, “Interaksi Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 119, Jan. 2019.
Section
Artikel