MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA TINGKAT SMP

Main Article Content

Sahrudin Pohan

Abstract

Masalah karakter siswa termasuk ditingkat SMP sering menjadi bahan pembicaraan termasuk di masyarakat sekolah itu sendiri. Munculnya pembicaraan ini seiring dengan munculnya perilaku-perilaku siswa yang kurang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan sebagai pandangan hidup bangsa. Karakter siswa dimaksud yaitu karakter tentang kejujuran sebagai pengejawantahan dari unsur ketuhanan, suka menolong dan belaskasihan kepada sema sebagai pengejawantahan dari unsur kemanusiaan, kerukunan sebagai pengejawantahan dari unssur persatuan, bergotong-royong dan tengang rasa sebagai pengejawantahan dari unsur karakyatan dan sosial sebagai pengejawantahan dari unsur keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa tentang unsur-unsur sila Pancasila dalam kehidupan mereka di sekolah dan upaya membangun karakter siswa yang sesuai dengan cerminan nilai-nilai sila Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Indikator penelitian ini adalah pengejawantahan dari unsur-unsur Pancasila. Hasil penelitian secara keseluruhan karakter siswa belum sepenuhnya sesuai dengan cerminan nilai-nilai yang terkandung dalam unsur-unsur Pancasila.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Pohan, “MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA TINGKAT SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 111, Jan. 2019.
Section
Artikel