PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID

Main Article Content

Emmi Juwita Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar  kimia siswa pada materi pokok koloid di kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 – Januari 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. sebanyak 6 kelas yang berjumlah 173 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling, maka terpilih kelas XI sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata penggunaan model Example Non Example mencapai 91,67 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa sebelum (pre-test) menggunakan model pembelajaran Example Non Example mencapai nilai rata-rata 42,83 yang termasuk dalam kategori “Gagal”, sedangkan hasil belajar siswa setelah (post-test) menggunakan model pembelajaran Example Non Example mencapai nilai rata-rata sebesar 86,95 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya adalah analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai thitung 17.53 dan ttabel pada tingkat kesalahan 5% dengan  derajat kebebasan = 1,70 maka thitung lebih besar dari ttabel  (17,53 > 1,70). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara  pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi pokok koloid di kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 157, Jan. 2019.
Section
Artikel