MARHATA SINAMOT PADA BUDAYA BATAK TOBA KAJIAN SEMANTIK

Main Article Content

Hana Maria Hutagalung Mina Syanti Lubis Anni Rahimah

Abstract

Idiomatikal yang ada di dalam Marhata sinamot pada Budaya Batak Toba. Dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah ucapan di dalam pesta marhata sinamot yaitu marhata jambara, pingan tuhor, pasahat sinamot yang ada di dalam bahasa Batak Toba. Sumber data penelitian ini adalah ucapan yang diucapkan dari marhata sinamot. Teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan teknik rekaman. Hasil analisis data dapat ditemukan bentuk idiomatikal dalam marhata jambarterdapat 4 kalimat ungkapan idomatikal, pingan tuhor 3 kalimat ungkapan idomatikal, pasahat sinamot terdapat 4 kalimat ungkapan idomatikalyang terdapat dalam marhata sinamot pada Budaya Batak Toba yang berasal dari percakapan, dan dalam marhata sinamot terdapat umpasa yang memiliki makna idomatikal,berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bentuk idiomatikal dalam marhata jambar terdapat 5 kalimat ungkapan idomatikal, pingan tuhor 4 kalimat ungkapan idomatikal, pasahat sinamot terdapat 3 kalimat ungkapan idomatikalyang terdapat dalam marhata sinamot pada Budaya Batak Toba yang berasal dari percakapandalam bentuk kalimat. Arti idiomatikal adalah makna yang beralih dari unsur makna leksikal dan gramatikal yang memiliki makna tersendiri.Penggunaan idiomatikal yang terdapat dari marhata jambar, pingan tuhor, pasahat sinamot, yaag terdapat dalam marhata sinamot memberikan nasihat, dan memberikan pengajaran moral.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hutagalung, M. Lubis, and A. Rahimah, “MARHATA SINAMOT PADA BUDAYA BATAK TOBA KAJIAN SEMANTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 700, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Aprilla, 2016. Hubungan Masyarakat: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau. Budaya dalam Upacara Adat jurnal makna simbolik.
Pernikahan Masyarakat Batak Toba di Pekanbaru. Volume III no 2;1- 15.
Bungin, 2005. Metode penelitian Kualitatif. Premedia Grub.
______,2007.Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT.Adittya adbreian
Chaer, abdul, 2009. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta:PT.Renek Djajasudarma makna. PT. Gramedia
Hutasoit,Thomson.2011.Kelurahan Budaya Batak-toba. Medan: Forkala
Ibrahim, 2018. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta
Nazir, 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Rangkuti,2016. Metode Penelitian Pendidikan. Citapustaka Media
Situmorang,H.Billy.1977.Ruhut-ruhut ni halak Batak Toba . Medan: Firma Apul
Sihombing,J.1980.BonaPasogit.P.Siantar:Pere Offset sekawan
Setiadi,M.Elly, Kama Abdul Hakim,danRidwan Efendi.2006. Ilmu Sosial & Budaya Bahasa.
Jakarta:PT.Fajar Interpratama Mandiri
Satori. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sihombing, 1989.Jambar Hata Dongan Tu ulaon Adat. CV. Tulus Jaya
Situmeang, 2007.Dalihan Na Tolu Sistem Sosial Kemasyarakatan Batak Toba. Jakarta: Dian Utama Jakarta
Setiadi, 2006. Ilmu sosial dan Budata dasar. Pramedia Grub.
Tarigan, 2008. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa
Tius, 2018.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Makna dan Fungsi Tradisi Sinamot Dalam Pernikahan Batak Toba di Kecamatan Mandau.Volume V:1-14.
Putri, 2016. Prodi ILmu Komunikasi,Fakultas Komunikasi dan BisnisUniversitas Telkom.Jurnal Pola Komunikasi Propesi Marhata Sinamot Dalam Membentuk Identitas Budaya Batak Toba di Bandung. Volume XV no 3: 347-356.
Pardosi, 2008. Fakultas Sastra Universitas Utara, Jurnal Makna Simbolik Umpasa,Sinamot, dan Ulos pada Adat Pekawinan Batak Toba. .Volume IV no 2;101:108.