PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penguasaan kosa kata dan kemampuan menyusun kalimat siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2016-2017. Dengan pelaksanaan penelitian ini diharapkan akan diketahui apakah terdapat pengaruh antara penguasaan kosa kata terhadap kemampuan siswa menyusun kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berbentuk korelasi, yakni metode yang bersifat mengumpulkan data yang faktual tentang kemampuan membaca dan keterampilan menulis siswa, lalu kemudian melihat pengaruh diantara keduanya. Adapun yang merupakan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 17 orang terdiri dari satu kelas. Karena jumlah siswa hanya 17 orang maka peneliti mengambil semua populasi sebagai sampel atau disebut dengan penelitian populasi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menyusun kalimat siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2016-2017. Hal ini dapat dilihat dari harga r hitung sebesar 0,632 lebih besar dari harga kritiknya 0,514 (0,632 > 0,514). Disamping itu diketahui juga bahwa tingkat penguasaan kosa kata siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2010-2011 tergolong sedang dengan nilai rata-rata = 57, sedangkan tingkat kemampuan menyusun kalimat siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2016-2017 tergolong sedang dengan nilai rata-rata kemampuan siswa menyusun kalimat = 63.