MODEL KOOPERATIF TIPE STAD, HASIL BELAJAR, KOLOID,MATERI KIMIA, HASIL BELAJAR KIMIA

Main Article Content

Emmi Juwita Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan  modelKooperatif Tipe Stad Tehadap Hasil Belajar Siswa kimia Pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.Perhitungan penggunaan model kooperatif tipe STAD di peroleh nilai rata-rata 85% berada pada kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa materi koloidsebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di peroleh nilai rata-rata 58,22 yang berada pada ketogori “Cukup”. Sedangkan hasil belajar siswa materi koloid setelah  menggunakan model kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 80,63 yang berada pada kategori “Sangat baik”. Berdasarkan Hasil perhitungan yang dilakukan diperole thitung = 15,03 apabila dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 2 =45 – 2 = 43. Maka diperoleh nilai thitung = 15,03 lebih besar dibanding  ttabel = 1,67 atau (15,03> 1,67). Hipotesis diterima. Artinya “Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Penggunaan ModelKooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar kimia Siswa Materi koloiddi Kelas XI SMA Negeri Negeri 6 Padangsidimpuan.


 

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar, “MODEL KOOPERATIF TIPE STAD, HASIL BELAJAR, KOLOID,MATERI KIMIA, HASIL BELAJAR KIMIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 12, Jan. 2018.
Section
Artikel