Pendekatan inquiri terbimbing, Materi pokok koloid, kreatifitas, Rasa Ingin Tahu, Pembejaran Kimia

Main Article Content

emmi juwita siregar emmi juwita

Abstract

Pembelajaran ini bertujuan  mengetahui analisis hasil belajar kimia dan rasa ingin tahu serta kreatifitas melalui pendekatan inquiri terbimbing pada materi koloid di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.Populasi pada penelitian ini adalah sekolah SMA padangsidimpuan.Sampel penelitian di lakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2  dan terdiri dari 30 orang per kelasInstrumen penelitian digunakan dengan soal pilihan berganda, dan angket digunakan untuk mengetahui hasil karakter. Karakter yang di lihat yaitu karakter rasa ingin tahu dan karakter kreatifitas.Analisis yang di gunakan adalah analisis regresi dan uji t untuk melihat hasil hipotesis melalui software SPSS 17.Instrumen test di gunakan dengan kolmogorov smirnov, uji normalitas untuk melihat data bersifat normal, uji homogenitas untuk melihat data sudah homogen. Adapun hasil yang diperoleh : (1) . terdapat pengaruh rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar yang signifikan dari kelompok sampel yang ditunjukkan dengan harga sig. 0,04 < 0,05 yang berarti Ha diterima, (2 Terdapat pengaruh kreatifitas siswa yang dihasilkan melalui pembelajaran dengan pendekatan inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kimia. Dengan taraf signifikan  α = 0,05, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa melalui pembelajaran inquiri terbimbing  dengan pengajaran langsung.Hipotesis di terima artinya terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa melalui pembelajaran inquiri terbimbing dengan pengajaran langsung.

Article Details

How to Cite
[1]
emmi juwita siregar juwita, “Pendekatan inquiri terbimbing, Materi pokok koloid, kreatifitas, Rasa Ingin Tahu, Pembejaran Kimia”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 3, p. 22, Jan. 2018.
Section
Artikel