Pengaruh Metode Penugasan Dengan Teknik Reward dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI Sabilillah Pasanggar Pegantenan Pamekasan

Main Article Content

Abdul Hafid

Abstract

Rendahnya motivasi di dalam pembelajaran mengindikasikan rendahnya Self Regulate Learning yang membuat siswa merasa kurang tertarik dan menyebabkan kurangnya aktivitas di dalam kelas. Motivasi intrinsik dapat dikembangkan dengan menggunakan metode penugasan dengan teknik reward/  Pemberian hadiah. Metode belajar ini (Metode penugasan dengan teknik reward) dapat digunakan dan bisa meningkatkan Self Regulate Learning siswa.Tujuan dari menggunakan Metode penugasan dengan teknik reward dan self regulate learning terhadap hasil belajar Matematika Adalah: Meningkatkan motivasi pembelajaran yang membuat siswa merasa lebih tertarik dan bertujuan untuk melihat hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan dengan teknik reward dan Melihat hasil belajar antara siswa yang memiliki Self Regulate Learning tinggi dengan Self Regulate Learning  rendah serta melihat interaksi antara metode pembelajaran dengan Self Regulate Learning.Metode yang digunakan Adalah Desain eksperimen True Experimental Design dengan jenis Pretes-postest Control Group Design. Dikatakan True Experimental Design karena dalam rancangan ini, peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi eksperimen (Sugiyono, 2017: 112). Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretes untuk mengetahui keadaan awal, adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok control

Article Details

How to Cite
[1]
A. Hafid, “Pengaruh Metode Penugasan Dengan Teknik Reward dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 MI Sabilillah Pasanggar Pegantenan Pamekasan”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 141, May 2019.
Section
Artikel