PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapat perlakuan model inquiry learning dan siswa yang mendapat perlakuan model discovery learning; (2) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; dan (3) adanya interaksi antara penggunaan model inquiry learning dan discovery learning dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Keboansikep 1 dan 2 Kota Sidoarjo sebanyak 109 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode tes tertulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova dua jalur. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran inquiry learning dan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran discovery learning; (2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; dan (3) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model inquiry learning dan discovery learning dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA.