PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Main Article Content

Siti Marliyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapat perlakuan model inquiry learning dan siswa yang mendapat perlakuan model discovery learning; (2) perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; dan (3) adanya interaksi antara penggunaan model inquiry learning dan discovery learning dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Keboansikep 1 dan 2 Kota Sidoarjo sebanyak 109 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode tes tertulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova dua jalur. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran inquiry learning dan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran discovery learning; (2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; dan (3) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model inquiry learning dan discovery learning dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Marliyah, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 169, May 2019.
Section
Artikel