PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) DI STKIP TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas Bahan Ajar Geometri berbasis RME (Realistic Mathematic Education) di STKIP Tapanuli Sealatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan  4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Ujicoba dilakukan pada mahasiswa  semester III Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas Bahan Ajar geometri berbasis RME semester III Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan adalah sangat valid; 2) Kepraktisan Bahan Ajar geometri berbasis RME semester III Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan adalah praktis digunakan. 3) Bahan ajar geometri berbasis RME semester III Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa setelah pembelajaran dengan menggunakan Bahan Ajar ini tuntas karena  80%  dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dengan rata-rata skor lebih dari KKM 75 serta adanya aktivitas yang positif dari mahasiswa.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Harahap, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) DI STKIP TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 5, p. 21, Jan. 2018.
Section
Artikel