PENGARUH PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING, COLLABORATIVE LEARNING DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO DAN SMPN 1 BUDURAN SIDOARJO

Main Article Content

Rahmad Lisandi Rufi’i . Ibut Priono Leksono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran dan gaya kognitif yang digunakan dikelas yaitu model pembelajaran cooperative , model pembelajaran collaborative dan gaya kognitif dependen dan independen. Model pembelajaran cooperative dan collaborative merupakan strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Gaya kognitif merupakan kombinasi dari menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Metode yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan analasis ANOVA 2 Arah (Two Way ANOVA) pada software SPSS Statistik 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata (means) hasil belajar matematika siswa dengan Model pembelajaran Cooperative dan Gaya kognitif Field Dependen sebesar 79,62, dengan Model pembelajaran Cooperative dan Gaya kognitif Field Independen sebesar 82,06, dengan Model pembelajaran Collaborative dan Gaya kognitif Field Dependen sebesar 76,62, dengan Model pembelajaran Collaborative dan Gaya kognitif Field Independen sebesar 80,75. Hipotesis 1 mengenai hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran cooperative learning dengan collaborative learning diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 (Sig 0,000 < 0005). Hipotesis 2 mengenai hasil belajar siswa yang mempunyai gaya kognitif field independen dan field independen diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 (Sig 0,000 < 0005). Hipotesis 3 mengenai hasil belajar siswa berdasarkan interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,772 > 0,005 (Sig 0,737 > 0005). Terdapat perbedaan terhadap hasil belajar antara siswa mengikuti model pembelajaran cooperative learning dan gaya kognitif field dependen dan independen dengan collaborative learning dan gaya kognitif field dependen dan independen pada siswa

Article Details

How to Cite
[1]
R. Lisandi, R. ., and I. Leksono, “PENGARUH PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING, COLLABORATIVE LEARNING DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO DAN SMPN 1 BUDURAN SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 196, Apr. 2019.
Section
Artikel