STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PENDEK (SHORT ESSAY) BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Hindri Mauludfiana Iskandar Wiryokusumo Djoko Adi W

Abstract

Kemampuan menulis merupakan keterampilan yang kurang dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris  di sekolah. Sedangkan siswa harus dapat mengutarakan pendapatnya secara tertulis dengan  benar dalam penulisan bahasa Inggris. Pada kurikulum K13 diharapkan siswa  untuk mampu menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat serta mampu untuk mengungkapkan ide, pikiran dan gagasan dalam tema yang sedang dipelajari dengan menggunakan metode eksplorasi secara kritis dan kreatif berdasarkan kompetensi masing masing siswa. Oleh sebab itulah dengan merubah strategi pembelajarannya dan menggunakan strategi yeng berbeda pula dari yang sebelumnya, besar kesempatan guru untuk mempermudah para siswa meningkatkan minat menulis terhadap kemampuan menulis karangan pendek ( short essay), sehingga dapat pula dikatakan pengeajaran dan pembelajaran telah berubah, dari berpusat pada guru (teacher-centered) menjadi berpusat kepada siswa (student-centered) sebagai cara belajar guru aktif menjadi cara belajar siswa aktif, kritis dan kreatif . Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk memperoleh data dari pengaruh strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat terhadap kemampuan menulis karangan pendek bahasa Inggris sehingga siswa dapat mengungkapkan pendapat, ide, gagasan, pengalaman, informasi pesan. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimental-semu) faktorial 2x2.  (2) untuk mengetahui Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpikir kritis kreatif dipadu strategi kognitif practise naturalistically vs strategi ekplorasi sangat efektif dalam menumbuhkan minat terhadap kemampuanan menulis karangan pendek bahasa Inggris siswa SMKP BS(MARITIM) Surabaya dan SMK SIANG Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data Post-test pada kelas Eksperimen sehingga diperoleh hasil yaitu th= 0,008 < 0,05  pada taraf signifikan 0,05. (3) untuk mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran

Article Details

How to Cite
[1]
H. Mauludfiana, I. Wiryokusumo, and D. W, “STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PENDEK (SHORT ESSAY) BAHASA INGGRIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 203, Apr. 2019.
Section
Artikel