PENGEMBANGAN MODUL KINGDOM ANIMALIA BERBASIS PETA PIKIRAN UNTUK SMA

Main Article Content

Perima Simbolon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kingdom animalia berbasis mind map yang valid, praktis, dan efektif untuk SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum, materi, dan karakteristik siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul. Pada tahap develop dilakukan uji validitas dan praktikalitas modul. Pada tahap disseminate dilakukan uji efektifitas. Modul yang sudah dirancang divalidasi oleh 5 orang validator. Setelah modul valid, modul diuji praktikalitasnya oleh guru dan siswa SMA kelas X. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data efektivitas dikumpulkan melalui angket motivasi, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini diperoleh modul kingdom animalia berbasis mind map untuk SMA. Modul yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Nilai aspek validitas modul 91,0% kategori sangat valid, praktikalitas oleh guru 92,8% kategori sangat praktis, praktikalitas oleh siswa kategori 89,8% kategori sangat praktis, motivasi belajar 88,4% kategori motivasi sangat tinggi, aktivitas belajar 88,7% kategori sangat efektif, dan hasil belajar siswa rata-rata 81,2 kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut berarti modul yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Simbolon, “PENGEMBANGAN MODUL KINGDOM ANIMALIA BERBASIS PETA PIKIRAN UNTUK SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 6, Jan. 2018.
Section
Artikel