PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAHDITINJAUDARI MOTIVASI BELAJAR SEJARAH

Main Article Content

Yasir Maulana Rambe

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk menemukan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Jigsaw terhadap prestasi belajar sejarah siswa. (2) Untuk menemukan pengaruh motivasi belajar sejarah terhadap prestasi belajar sejarah siswa. (3) Untuk menemukan apakah interaksi pengaruh positif antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Jigsaw dengan motivasi belajar sejarah siswa terhadap prestasi belajar sejarah siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain factorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa SMA kelas X yang ada di Kabupaten Sukoharjo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Tekhnik pengambil sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan tekhnik Cluster Sampling (Area Sampling). Sampel dalam penelitian ini ialah SMA Negeri 1 Kartasura dengan jumlah siswa 36 dan SMA Negeri 1 Mojolaban dengan jumlah siswa 33. Anailisis data dalam penelitian ini menggunakan anva dua jalan dengan bantuan program SPSS 20.Uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Jigsaw. (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi belajar sejarah tinggi, motivasi belajar sejarah sedang, dan motivasi belajar sejarah rendah.. (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar sejarah terhadap prestasi belajar sejarah

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Rambe, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAHDITINJAUDARI MOTIVASI BELAJAR SEJARAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 1, p. 155, May 2019.
Section
Artikel

References

Dediansyah, Agus. 2016. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan Make Amatch Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Siswa Kelas XI SMA NegeriDi Kabupaten Sambas Tahun 2015/2016. Tesis. Pascasarjana Universitas SebelasMaret:. Surakarta.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning metode, tekhnik, struktur dan model penerapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kodaki, Maria and Haris Siempos. 2010. The Jigsaw Collaborative Method Within The Online Computer Science Classroom. Department Of Computer Engineering And Informatics. Patras University: Greece.
Lickona, Thomas. 2012. Educating forCharacter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Maheady, Larry. Dkk. 2006. Effects ofNumberedHeads Together With And Without An Incentive Package On The Science Test PerformanceOf A Diverse GroupOf Sixth Graders. JournalofBehavioral Education.Vol. 15 No. 1.Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran PenilaianEvaluasi Pendidikan.Yogyakarta: NuhaMedika
Novita, Sari dan Abdullah, Syukriyah. 2013.The Implementation of “ Numbered Heads Together”in Teaching Reading Narrative Text to the Tenth Graders. E-JurnalUnesa. Volume 01 Nomor01, 2-8.
Pradnyani, I. A. R., Marhaeni, A.A.I.N2., Ardana, I Made. 2013. Pengaruh mod el pembelajaran nu mbered head together terhadap prestasi belajar mate matika ditinjau dari kebiasaan belajar di sd. Jurusan Pendidika Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha Singar aja.Indonesia: Volume 3.
Peklaj, Cirila Peklaj and Puklek Levpušček, Melita. Students’ Motivationand Academic Success in relation To The Quality Of Individual And Coll aborative Work During A Course in educational Psychology. University of Ljubljana. Slovenia Asociation Of Teacher education In Europe
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua.Jakarta: Kencana Prenada Media Group Slavin, Robert E. 2005.Cooperativ Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Schunk, Dale H, dkk. 2012. Motivasi Dalam Pendidikan TeoriDanAplikasinya. Jakarta: PT Indeks.
Soyomukti, Nurani 2013. Teori Teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar RuzMedia.
Sugiyono. 2013. Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitati,Kualitatif Dan R&D. Bandung:Penerbit Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teoridan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2011. Mendesain modelpembelajaran inovatif-progresif.Jakarta: Kencana.
Winkel, W.S. 1983. PsikologiPengajaran. Jakart5a: Grasindo.
Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran BerbasisKompetensi Gaung Persada Pers: Jakarta