PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

  • Indah Sari ipts
Keywords: Kata-kata kunci: Pengaruh, Media Pendidikan, Hasil Belajar Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran penerapan media pendidikan di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar ekonomi di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pendidikan terhadap hasil belajar ekonomi di kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sebanyak 30 orang siswa.instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistic infrensial. Nilai rata-rata media pendidikan sebesar 83,00 berada pada kategori “baik”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,9 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis nilai uji t=2,625 dan nilai sig=0,014 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%=0,05. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa niai Sig. lebih besar dari α = 0,05 (0,014<0,05). Artinya Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Pengunaan Media Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Published
2022-08-22
How to Cite
Sari, I. (2022, August 22). PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MISI, 5(2). Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3275

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.