ANALISIS KAUSALITAS KONSUMSI ENERGI, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI

  • Wayrohi Meilvidiri

Abstract

Studi ini adalah untuk menyelidiki kembali hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dan konsumsi akhir energi sektoral serta variabel inflasi di Indonesia dengan menggunakan analisis kausalitas Granger dan analisis Ordinary Least untuk melihat pengaruh ketiga variabel dalam menentukan arah implikasi kebijakan energi. Temuan daari analisis statstik yaitu terdapat hubungan satu arah (uni-directional causality) yaitu inflasi ke pertumbuhan ekonomi dan konsumsi energi akhir sektoral ke pertumbuhan ekonomi. Dari hasil kausalitas ini maka kebijakan dalam pemanfaatan sumber daya energi perlu di optimalkan pada aktivitas produksi/industri, selain itu pemerintah juga tidak menjadikan sebagai komoditi ekspor; mengupayakan sumber daya energi baru terbarukan agar tidak tergantung pada sumber energi fosil. Dengan adanya sember energi baru terbarukan maka nantinya akan mampu mengendalikan inflasi (cosh push inflation) pada sektor produksi/industri serta mampu mempertahankan daya beli masyarakat dalam menunjang pertumbuhan ekonomi.

 

Keyword: konsumsi energi, pertumbuhan ekonomi, inflasi, kausalitas

Published
2022-02-14
How to Cite
Meilvidiri, W. (2022, February 14). ANALISIS KAUSALITAS KONSUMSI ENERGI, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI. JURNAL MISI, 5(1). Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3631

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.