PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING

  • Hestu Tansil La’ia Universitas Nias Raya
  • Sesuaikan Sarumaha Universitas Nias Raya
  • Maria Magdalena Duha Universitas Nias Raya
Keywords: discovery learning, modul pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mena dibasiskan dengan model pembelajaran kooperatif
discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh peneliti,
dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri
valid, praktis dan efektif untuk dijadikan sebagai bahan ajar matematika di SMK Swasta BNKP Daro-daro. Berikut
kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini. Kevalidan modul dilihat dari hasil validasi oleh tim ahli yaitu ahli
media dan ahli bahasa Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri valid. Rata-rata nilai
persentase dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh 74,33% dengan kriteria valid. Kepraktisan Modul
Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri praktis untuk digunakan. Rata-rata nilai persentase
dari angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh 60% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata nilai persentase dari
angket respon siswa uji coba lapangan diperoleh 71,79% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tes belajar siswa,
maka Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning pada Materi Trigonometri sangat efektif untuk digunakan. Hasil
keefektifan untuk uji coba terbatas diperoleh skor dengan persentase 79,66% dengan kategori efektif dan hasil keefektifan
untuk uji coba lapangan diperoleh skor dengan persentase 74,8% dengan kategori efektif

References

A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja GrafindoPersada: Jakarta.
Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Andi Prastowo.(2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta, Anggota
IKAPIDaryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB,
Bahan Ajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Djamaludin. A, & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center. Anggota IKAPI.
Eko Cahyono, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS. 1–48.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Iskandar, R. S. F., & Andriyani, R. (2019). Pengembangan bahan ajar trigonometri untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis matematis mahasiswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 759–763.
Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kurniasih, Imas dan Berlian Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Lasmiyati, & Idris, H. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat
SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.
Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan.PT Remaja Posdakarya Offset: Bandung.
Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen,
N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic
Publisher.
Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum.. Bandung: Remaja Rosdakarya
Putri M padma mika, Mukhni, & Irwan. (2012). Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Turunan melalui
Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–72.
Purwanto, D. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Ruqoyyah, Siti. Murni, Sukma & Linda. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan
VBA Microsoft Excel. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 Teori dan Praktek. Lembaga Academic &
Research Institute.
Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta
Setiawan, T. B., Suharto, & Susanto, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery
Learning dengan Memperhatikan Beban Kognitif pada Materi Trigonometri Kelas X SMK. Kadikma, 7, 1–9.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandunng: Alfabeta
Sugiyono, D. (2020). Metode Penellitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit : Alfabeta Bandung.
Sukiman, D. (2012). Pengembangan Media Pembmelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji
Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.84
Published
2023-02-03
How to Cite
La’ia, H., Sarumaha, S., & Duha, M. (2023, February 3). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 170-175. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.4857