P Pembelajaran Matematika Realistik Terkait Peluang Berkonteks Permainan Ular Tangga

  • Fadia Rohadatul Aisy Universitas Muria Kudus
  • Dila Eka Fitriyani Universitas Muria Kudus
  • Rizqi Riskiyawani Ningrum Universitas Muria Kudus
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus
Kata Kunci: PMRI, Peluang, Permainan Ular tangga, Design Research.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui peran permainan ular tangga yang dapat membantu peserta didik dalam menemukan konsep peluang menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode design research. Penelitian yang mendesain materi peluang menggunakan pendekatan PMRI bagi kelas VI MI NU Tholibin berjumlah 23 siswa dengan permainan ular tangga sebagai awal pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) desain permulaan (preliminary design) atau membuat Hipotesis Lintasan Belajar (HLT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 3 aktivitas. (2) eksperimen (experiment). (3) analisis tinjauan. Berdasarkan penelitian ini didapatkan jika melalui pendekatan PMRI, siswa dapat menentukan ide ruang sampel, titik sampel, dan kemungkinan suatu peristiwa dengan melempar dadu. Dengan adanya arahan pembelajaran (HLT) yang dimulai dengan melempar dadu, menentukan ruang sampel, titik sampel dan kemungkinan suatu kejadian dapat membantu siswa dalam memahami materi peluang.

Kata Kunci : PMRI, Peluang, Permainan Ular tangga, Design Research.

Referensi

Akhidah, D. N., Zuliana, E., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Model Realistic Mathematics Education Pada Pemahaman Konsep Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 244–259. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3526
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Hasanah, U., Fajrie, N., Kurniati, D., Studi, P., Pendidikan, M., & Kudus, U. M. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD melalui pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga. 7(2), 321–330.
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2368
Kanastren, O. R., Bintoro, H. S., & Zuliana, E. (2018). Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 195–204. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.609
Lidinillah, D. A. M. (2018). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. Universitas Siliwangi, 1(1), 1–13.
Malik, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Dadu pada Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2, 223–228.
Nofita Telung, Oltje T. Sambuaga, & Derel F. Kaunang. (2022). Perancangan Pembelajaran Peluang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 73–83. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.757
Prihartini, N., Puspita Sari, & Ibnu Hadi. (2020). Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.01
Purba, G. F., Rohana, A., Sianturi, F., Giawa, M., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 23–33.
Putri, D. M., & Destania, Y. (2020). Pengembangan Soal Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 169–184. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.169-184
Rada, G., & Fauzan, A. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Topik Peluang di Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 66–72.
Yanti, W., Hartono, Y., & Somakim, S. (2016). Desain Pembelajaran Peluang dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kupon Undian untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Elemen, 2(1), 56. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.177
Diterbitkan
2024-03-05