EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

  • Nur Intan Siregar FPMIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nasution
  • Nurhidayah Fithriyah Nasution
Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efek model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)terhadap hasil belajar dan aktivitas siswapada materi fluida statis di SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana populasinya terdiri dari seluruh kelas X MIA  SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 66 siswa.  Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan total sampling, dimana kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh:(1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 83,13 berada padakategori “Baik”, pada ranah afektif adalah  74 berada pada kategori “Baik”, dan pada ranah psikomotorik adalah  72 berada pada kategori “Baik”; (2) Nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 80 berada pada kategori “Baik”; (3) Dengan menggunakan analisis uji statik menggunakan uji-t, maka diperoleh nilai  sig (2-tailed) adalah 0,00 <0,005, nilai thitung>ttabel yaitu 7,938>1,669 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan arti terdapat efek yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa materi fluida statis di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Published
2020-05-16