ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) PADA SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • nursahima nasution IPTS
  • Mutiara Siagian
  • Dedes Asriani Siregar
Keywords: Proses Pembelajaran Daring, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran jaringan (daring) pada materi usaha dan energi, faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif kualitatif dengan informan guru fisika dan seluruh siswa kelas X MIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran fisika dalam daring terlihat dari hasil angket dengan rata-rata nilai 68,78 berada pada kategori (Baik); (2) faktor pendukung terlihat dari hasil angket dengan rata-rata nilai 64,72 berada pada kategori (Baik), dan faktor penghambat terlihat dari hasil angket dengan rata-rata nilai 71,74 berada pada kategori (Baik).

                                                                                                                                                        

Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat

 

Published
2021-06-10