PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

  • Syafrina Dewi SMA Negeri 6
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia di Kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 126 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA2. Berdasarkan analisis data diperoleh: pengaruh model pembelajaran Problem Solving menggunakan observasi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,07% berada pada kategori “Sangat Baik”; Hasil belajar siswa menggunakan tes soal dengan nilai persentase sebesar 80,00% berada pada kategori “Baik” pada kelas eksperimen dan persentase sebesar 47,50% berada pada kategori “Kurang” pada kelas kontrol.; dan Penggunaan pendekatan open ended efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung < ttabel (6,41 > 1,66) dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui kebenarannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Published
2021-05-06